«

»

Agu 07 2015

AIKID 2015 Kota Malang, Jembatan Menuju Smart City

TM AIKID 2015 KOTA MALANG


Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika kembali akan menggelar Anugerah Inovasi & Kreativitas Informasi Digital (AIKID) Tahun 2015. Sebagai bagian upaya monitoring, evaluasi, dan peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang, kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014.

Di tahun ke-2 ini, peningkatan kualitas maupun kuantitas terus diupayakan oleh penyelenggara. Selain perspektif kontestasi yang kini lebih berkembang, pesertanyapun tahun ini diperluas dengan melibatkan seluruh Kelurahan yang ada di Kota Malang.

Jika tahun lalu hanya diikuti 42 SKPD yang terdiri dari Inspektorat, Sekretariat Daerah (Bagian-bagian), Sekretariat DPRD, Dinas, Badan, Kantor, Satuan dan Kecamatan, maka pada gelaran kali ini 57 Kelurahan juga disertakan dalam kelompok katagori tersendiri.

Kalangan akademisi, praktisi TIK dan pelaku media tetap dilibatkan dalam perhelatan ini guna menjaga independensi dan obyektifitas penilaian. Mereka akan mempelototi implementasi pemanfaatan TIK baik sebagai media penyampaian informasi publik maupun sebagai sarana peningkatan kualitas layanan di masing-masing organisasi pemerintahan tersebut. Tim Juri independen itu akan menggunakan metode kuisioner dan observasi dalam hal pengumpulan data.

“Melalui kuisioner dan observasi ini harapannya penilaian akan lebih komprehensive. Aspek penilaian akan difokuskan pada empat hal, yaitu Kebijakan, Infrastruktur, Layanan, dan Inovasi terkait pemanfaatan TIK di masing-masing SKPD”, ujar Betty Dewi Puspitasari, S.Kom, MT., Ketua Tim Juri saat memberikan penjelasan pada acara Technical Meeting di Aula Dinas Sosial pada Kamis (06/08) kemarin.

Selain sang Ketua, anggota Tim Juri yang pada kesempatan itu juga hadir diantaranya: Laila Isyriah, M.Kom (APTIKOM Malang Raya), Muhaimin (Harian Malang Post), dan Aji Prasetya Wibawa, ST, M.MT, Ph.D (FT UM). Sementara Yatimul Ainun anggota juri dari media online Malang Times.com berhalangan hadir. Mereka akan melakukan penilaian terhadap portofolio masing-masing SKPD mulai tanggal 10 Agustus hingga 10 September nanti.

Empat katagori (Terinovatif, Terinteraktif, Terfavorit dan Terbaik) akan diperebutkan di dua kelompok peserta (SKPD Non Kelurahan dan SKPD Kelurahan), dan pemenangnya akan diumumkan saat seremonial resepsi AIKID 2015 pada bulan September nanti. Mereka akan mendapatkan penghargaan yang akan diserahkan oleh Walikota Malang dan Wakilnya.

Melalui event ini Pemerintah Kota Malang agaknya ingin meneguhkan komitmennya menuju Smart City. Dimana salah satu indikatornya adalah sejauh mana birokrasi mampu memanfaatkan TIK secara masif dan integratif guna memberikan layanan prima, menuju kesejahteraan masyarakatnya!.(mazipiend|kelkidal)

Polling Website terbaik Pemkot Malang Polling Website terbaik Pemkot Malang

share its with :

facebook twitter