Kabar Ngalam

Bayar Pajak Kendaraan? Di Samsat Alun-alun Malang Aja!

Pelayanan Samsat Alun alun

Suasana Pelayanan Perpanjangan STNKB di SAMSAT Payment Point Alun-alun Malang


Bagi warga ngalam pemilik kendaraan bermotor, kini memang banyak pilihan tempat untuk membayar pajak kendaraan bermotor mereka. Selain di Kantor Bersama Samsat Malang Kota di Jl. S. Supriyadi No. 80 Kebonsari, ada juga Samsat Corner Mall Olympic Garden (MOG) Lantai 1 Blok FF-53 di Jl. Kawi Malang. Atau, melalui Mobil Samsat Keliling yang kini memang mulai jarang terlihat.  

Namun bagi anda yang sedang jalan-jalan di pusat kota dan mendapati masa berlaku STNKB anda akan berakhir, anda juga dapat memperpanjangnya sambil menikmati wajah baru Alun-alun Malang. Di pojok barat taman kota itu atau tepatnya di Jl. Merdeka Utara terdapat Samsat Payment Point yang siap melayani perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNKB) anda tersebut.

Di tempat tersebut terdapat bangunan berlantai dua yang bagian atasnya tertutup videotron. Di bawahnya terdapat dua jendela besar menghadap ke utara, bertuliskan Pos 9.0 Satlantas Polres Malang kota di sayap barat dan “SAMSAT Payment Point Alun-alun” di sayap sebelah timur. Di sisi timur bangunan yang berseberangan dengan Sarinah Plaza itu juga dilengkapi loket menghadap ke barat dengan kursi-kursi panjang di depannya.

Pelayanan baru dibuka pada pk. 08.00 wib., namun sekitar satu jam sebelumnya biasanya sudah ramai yang mengantri. Wajah baru Alun-alun Malang agaknya juga berdampak terhadap peningkatan animo pembayaran di Samsat Payment Point ini. Selain pemandangan yang lebih segar, tempat mengantri juga lebih nyaman dengan tambahan kursi-kursi taman ber-haven yang teduh.

Proses perpanjangan STNKB tidak akan terlalu lama dengan persyaratan yang juga tidak ribet. Sepanjang STNKB anda belum habis masa berlakunya dan kartu identitas (KTP/SIM) yang digunakan telah sesuai (dengan data di STNKB), tidak sampai 10 menit proses perpanjangan STNKB anda akan tuntas. Apalagi jika STNKB anda sudah terlepas dari plastik pembungkusnya dan uang yang anda bayarkan pas, maka akan lebih singkat lagi.

Terdapat dua loket berjajar yang harus dilewati; yaitu Loket Pendaftaran dan Loket Pembayaran. Setelah menyerahkan STNKB plus Kartu Identitas di loket pertama, pembayar bisa bergeser beberapa langkah ke loket berikutnya untuk membayar sesuai nominal yang tertera di STNKB. Dan, beberapa menit berikutnya STNKB barupun akan diterima dengan masa berlaku setahun berikutnya.

Proses pembayarannya sih cepet mas! Yang lumayan agak lama ngantrinya. Tapi nggak apa-apa lebih enak bayar di sini, sekalian sambil liat alun-alun”, ujar salah seorang pengunjung asal Dinoyo yang mengaku baru tuntas sekitar setengah dua jam berikutnya sejak ia mulai mengantri itu. Lelaki tambun itu juga mengaku puas dengan pelayanan petugas di tempat tersebut.

Pengamatan media ini di lokasi, meski harus ngantri agak lama rata-rata pengunjung terlihat puas dengan pelayanandi Samsat Payment Point Alun alun Malang ini. Setidaknya gestur dan mimik mereka terlihat lega, pun tidak terdengar gerutuan apalagi umpatan.

Salah satu Sentral Administrasi Satu Atap di pusat kota ini buka setiap hari, kecuali hari minggu dan hari libur nasional. Senin hingga Kamis pelayanan akan berakhir hingga pk. 13.00 Wib., kecuali di akhir bulan yang akan tutup pada pk. 12.00 wib. Untuk hari Jum’at  dan Sabtu pelayanan akan ditutup pada pk. 11.00 dan 12.00 wib.

Bagi warga ngalam yang hendak memperpanjang STNKB-nya tak ada salahnya mencoba layanan di SAMSAT Payment Point ini, seraya menikmati wajah baru Alun-alun Malang. (mazipiend|kelkidal)



share its with :

facebook twitter