Aparatur Sipil Negeri

Akhirnya, 565 CPNS Pemkot Malang Menyandang Status Baru

SUMPAH/JANJI PNS PEMKOT MALANG

Senyum ceria ratusan PNS Pemkot Malang menyambut babak baru pengabdian mereka, foto sesaat sebelum Pengambilan Sumpah (31/05/16)


Selasa (31/05/16) kemarin bertempat di Balai Merdeka Unmer Malang, sebanyak 565 CPNS Pemkot Malang mengikuti pengambilan sumpah/ janji Pegawai Negeri Sipil. Prosesi tersebut sekaligus menandai ditanggalkannya huruf “C” pada status kepegawaian mereka. Status baru sebagai Pegawai Negeri Sipil “seratus persen” itupun dipastikan mereka sandang setelah SK PNS benar-benar mereka terima di akhir kegiatan.

Tak pelak, sejak pagi balairung di komplek perguruan tinggi ternama di Jl. Ters. Dieng No. 62-64 itu dipenuhi ratusan wajah sumringah berbaju Korpri. Sayangnya, Abah Anton yang direncanakan hadir untuk menyumpah para abdi negara itu harus digantikan oleh Wakilnya, Drs. Sutiaji. Walikota energik itu harus menunggui sang Bunda tercinta yang saat itu sedang terbaring lemah di RS. Panti Nirmala.

Namun begitu, pengambilan sumpah oleh Drs. Sutiaji atas para PNS dari 4 agama itu tetap berlangsung khidmat. Disaksikan Sekkota Drs. Cipto Wiyono, M.Si, Kepala BKD Drs. Subhan dan beberapa pejabat struktural lainnya, 532 PNS beragama Islam, 24 PNS Kristen, 8 PNS Katholik, dan 1 PNS beragama Hindu itu dengan lantang mengikrarkan janji mereka sebagai PNS dinaungi kitab suci agama masing-masing.  

Sebagai seorang yang beragama, kita sebenarnya telah terikat sumpah dengan keyakinan agama masing-masing. Kegiatan ini adalah wujud totalitas kita dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, ujar Sutiaji dalam sambutannya. Drs. Subhan Kepala BKD juga menyiratkan hal senada, bahwa tujuan kegiatan sumpah/ janji tersebut adalah agar para PNS dalam menjalankan tupoksinya senantiasa sesuai dengan norma, kode etik, dan peraturan perundang-undangan yang ada.

Kegiatan yang dibiayai APBD Kota Malang Tahun 2016 dengan nomenklatur “Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil dan Sosialisasi Peraturan Kepegawaian Di Lingkungan Pemerintah Kota Malang” itu diikuti 506 PNS hasil rekrutmen melalui jalur THK 2 sementara sisanya sebanyak 59 PNS dari jalur THK 1 dan reguler. Sementara, berdasarkan Golongan kepegawaiannya mereka terbagi sebanyak 384 PNS Gol. III, 131 PNS Gol. II, dan 50 orang PNS dari Gol. I.

Dalam prosesi seremonial Sumpah/Janji PNS tersebut, penandatanganan berita acara diwakili berturut-turut oleh Yoyok Sutikno, SE (Islam), Dra. Sulistiani (Kristen), Drs. F.X. Bertinus Bambang Purnomo (Katholik) dan Sista Nandini, S.Si (Hindu). Diluar itu, PNS lainnya harus menandatangani berita acara masing-masing di Kantor BKD, Jl. Tugu sesuai jadwal di sini.

Alhamdulillah….. selosoooooooo sak iki yoooo 100%…..mugo2 barokah yo duluuur amiiiiiin”, komentar jenaka Diah Wresti Wulandari dengan iconik smiley dalam viral grup FB “CPNS 2014 KOTA MALANG” pada 31 Mei pukul 4:19 yang di like oleh 25 facebooker. Grup medsos itupun serta merta diubah namanya menjadi “PNS 2016 KOTA MALANG” pada 31 Mei pukul 19:15 oleh sang admin berakun Bang Boo. Hmmmm…Selamat datang Abdi Negara sejati! Tabuh genderang perangmu makin keras untuk negeri!.(mazipiend|kelkidal)


please, share its by :

facebook twitter