↑ Kembali ke Profil UMKM

Zumar Kids

Busana Muslim Kualitas Butik Harga Grosir

Portrait of a young attractive business woman.Jika anda melintas di Jl. KH. Zainul Arifin, sekitar 50 meter sebelah utara RM. Nguling yang sudah kesohor itu, sekilas anda akan menemui sebuah papan nama bertuliskan Zumar Kids. Itu bukan nama sebuah playgroup lho! apalagi taman kanak-kanak. Nama yang kita maksud itu ternyata adalah sebuah tempat usaha konveksi. Tepatnya konveksi busana muslim. Meski sang empunya usaha yaitu Hj. Nurul Aini menyatakan bahwa usaha konveksinya itu juga melayani pembuatan seragam kantor, kemeja batik, jas, safari, dan sejenisnya. Dari papan nama di depan sebuah gang besar yang bernama gang Kabupaten itulah yang menurutnya telah membantu banyak konsumen dan kliennya untuk menemukan rumah sekaligus tempat usaha dan display shop produk-produknya.
produkH. Samsul Arifin dan Hj. Nurul Aini adalah pasangan suami-istri sekaligus owner rumah busana Zumar Kids. Mereka telah malang melintang dalam bisnis konveksi ini selama hampir 35 tahun. Diawali sejak tahun 1980 dari sebuah rumah di Jl. KH. Ahmad Dahlan daerah Kasin Kota Malang, keluarga ini memulai usahanya dari jasa jahit menjahit baju dan busana ala kampung. Seiring perjalanan waktu mereka kemudian mendirikan sebuah usaha konveksi yang diberi nama Zumar Kids. Mereka mengaku bersusah payah dan berjuang mencari celah-celah pasar bagi produk-produk konveksinya. Setelah berkali-kali harus jatuh bangun, keluarga dengan 7 orang putra/putri itu kini merasa semakin mantap di bisnis ini. Dari bisnis konveksinya itu setidaknya mereka telah mampu menunaikan ibadah haji. Saat ini 4 orang anaknya bahkannya turut dan serius membantunya menjalankan bisnis keluarga ini. Setidaknya mereka diharapkan kelak mampu mandiri atau bahkan mengembangkan bisnis ini. Itulah hal lain yang membuat mereka sangat bersyukur.
Dengan tingkat kompetisi yang tinggi, bisnis konveksi dan busana menurutnya bukanlah bisnis yang mudah. Selain harus pandai mamahami selera pasar yang selalu dinamis dan kejelian dalam menangkap peluang pasar, insting kehati-hatian menurutnya juga sangat perlu diperhatikan. Pernah ia tertipu melayani order besar yang akhirnya tak terbayar, “BG (Biro Gilyet,red) yang dibayarkan ternyata kosong!” sambungnya. Namun Umi Nurul, sapaan akrabnya merasa bersyukur, brand Zumar Kids kini telah dikenal dan mendapat tempat di bisnis dengan persaingan yang sangat ketat ini. Busana muslim produknya telah merambah ke sejumlah kota besar. Pelanggannya tersebar di Surabaya, Bali, maupun Rogojampi. Untuk Kota Malang sendiri, selain memasok pedagang di PBM (Pasar Besar Malang), beberapa tenant besar sekelas Altara dan Mahkota menjadi pemasar produk-produknya. “Cuma biasanya dengan (dilabeli,red) merk mereka”, ujarnya santai. produk2
Salah satu differensiasi produk dari Zumar Kids adalah pada aspek harga. Harga produk Zumar Kids khususnya produk busana muslim sangat terjangkau, karena mereka serius membidik segmen menengah. Menurutnya segmen inilah yang senantiasa prospektif dan membuat pasar tetap stabil. Dengan kualitas produk yang relatif setara dengan produk-produk branding-an terkenal lainnya, harga produk Zumar Kids bisa ditekan hingga 40-60% lebih rendah. “Harga D (menyebut sebuah merk busana muslim anak, red) yang 200-an (ribu, red) dengan desain dan kualitas yang relatif setara, di sini (Zumar Kids,red) harganya hanya sekitar 70 ribu-an”, ujar Umi Nurul meyakinkan. Harga bisa ditekan salahsatunya lantaran mata rantai distribusi produknya yang pendek. Keunggulan produk Zumar Kids lainnya adalah desain dan model-model busana yang senantiasa mengikuti selera pasar. “Biasanya anak-anak saya yang membuat desain dengan referensi dari majalah, internet”, sambung umi Nurul sambil menyodorkan beberapa katalog produk busana muslim lokalan.
Dengan harga yang lebih terjangkau, konsistensi menjaga kualitas produk, serta varian produk yang senantiasa up to date, menjadi senjata penetrasi pasar yang yang ampuh. Faktor-faktor inilah yang membuat Zumar Kids tetap bertahan di tengah sengitnya persaingan industri garmen lokal.
Anda ingin membuktikan keunggulan busana muslim Zumar Kids? atau ingin menjalin kerjasama bisnis dengan salahsatu UKM asli Ngalam ini? Monggo berkunjung ke display shop-nya atau hubungi melalui alamat di bawah ini. (mazipiend|kelkidal)

papan nama

display