MUSRENBANG KELURAHAN KIDUL DALEM TAHUN 2016

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, di awal tahun 2015 ini kelurahan Kidul Dalem juga disibukkan dengan kegiatan untuk mempersiapkan dan melaksanakan Musrenbang Kelurahan Tahun 2016. Musrenbang Kelurahan merupakan forum musyawarah tahunan kelurahan bersama para pemangku kepentingan terkait untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan(RKP) tahun direncanakan dengan mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) Kelurahan.musrenbang kelurahan
Di Kelurahan Kidul Dalem kegiatan Musrenbang dimaksud telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 25 Januari 2015 bertempat di Aula Pertemuan yang terletak di lantai atas kantor Kelurahan Kidul Dalem di Jl. MGR.Sugiyo Pranoto 23 A Kota Malang. Kegiatan tahunan yang dimulai pk. 08.30 ini, selain dihadiri Camat Klojen; Bpk. Rino, MM, juga diikuti tidak kurang dari 47 orang, terdiri dari perwakilan 8 RW, RT dari masing-masing RW, LPMK, PKK dan pemangku kepentingan lainnya.
Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia raya” oleh segenap hadirin, kemudian berlanjut dengan sambutan Lurah Kidul Dalem, Bpk. Dedy Tri Wahyudi S.P., S.STP yang menekankan tentang pembangunan kewilayahan dan pentingnya sinergitas antar lembaga kemasyarakatan di wilayah Kel. Kidul Dalem. Acara inti dari kegiatan ini adalah pembacaan usulan-usulan pembangunan fisik dari masing-masing wilayah RW./ RT. dan non fisik dari lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya (PKK, Karang Taruna, dll.) oleh Kasi PMP Kel. Kidul Dalem. Usulan-usulan tersebut merupakan rumusan hasil pra musrenbang yang telah dilaksanakan sebelumnya di wilayah RW. masing-masing dan kemudian disusun berdasarkan prioritas kebutuhan untuk disepakati dalam Musrenbang kali ini yang selanjutnya akan dibawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan.
Selain kegiatan inti berupa pengesahan rencana pembangunan untuk tahun 2016 sebagaimana dimaksud, dalam kesempatan tersebut sekaligus dirangkai dengan acara pengukuhan kepengurusan LPMK Kel. Kidul Dalem masa bhakti 2015 – 2018. Seluruh rangkaian kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan berakhir pada pk. 12.30 wib.
Dan, seiring tantangan pembangunan kemasyarakatan yang semakin kompleks, kualitas pelaksanaan Musrenbang dari tahun ke tahun harus semakin meningkat. Karena, Musrenbang yang berkualitas akan bermuara pada hasil-hasil pembangunan yang berkualitas pula.(mazipiend|kelkidal)