Partisipasi Kelurahan Kidul Dalem dalam Lomba Lurah Camat Award 2015

Pada hari ini, Jum’at 6 Februari 2015 Kelurahan Kidul Dalem mengrimkan berkas dan dokumen yang diperlukan guna berpartisipasi dalam Lomba Lurah Camat Award 2015 ke Kantor Kecamatan Klojen, Jl. Surabaya Kota Malang. Dokumen tersebut bersama dokumen dari kelurahan lain se-Kec. Klojen, secara kolektif rencananya akan dikirimkan ke Kantor Radar Malang di Jl. Semeru Kota Malang pada hari ini juga. Pemkot Malang memang menggandeng Radar Malang Jawa Pos sebagai pihak pelaksana kegiatan, yang berorientasi pada paningkatan kinerja aparatur kelurahan-kecamatan di Kota Malang itu. Dan, jamak diketahui bahwa Jawa Pos memang telah memiliki reputasi dalam menggelar kontestasi sejenis, bahkan pada ranah yang lebih tinggi yaitu penghargaan kepada pemerintah Kota/Kab. dan Propinsi yang berprestasi melalui Jawa Pos Pro Otonomi Award, yang digelar setiap tahun.

otonomi award kidul dalemPeran serta Kelurahan Kidul Dalem dalam kegiatan lomba ini dapat dimaknai sebagai bentuk tanggung jawab segenap aparatur Kelurahan Kidul Dalem untuk senantiasa terlibat dalam upaya-upaya peningkatan profesionalisme aparatur pemerintah, yang tentu bermuara pada peningkatan kinerja. Momentum ini juga dijadikan media refleksi bagi segenap aparatur Kelurahan Kidul Dalem untuk menakar sejauh mana akuntabilitas kinerja yang telah dilaksanakan.

Sebagai sebuah ajang unjuk pembuktian kinerja Lurah-Camat yang pertama kali digelar oleh Pemerintah Kota Malang, tentu akan banyak sekali kekurangan dan kelemahan yang ditemukan dalam dokumen dan laporan tersebut. Terbatasnya sumber daya manusia, belum kuatnya manajemen dokumentasi, minimnya koordinasi antar lembaga, ditambah lemahnya sosialisasi lomba, menjadi kendala yang tidak mudah untuk diatasi. Butuh kesabaran dan keteguhan hati untuk menyatukan “simpul-simpul yang berserakan” tersebut menjadi sebuah laporan kinerja. Belum terlalu komperehensif memang, tapi setidaknya semoga dapat menggambarkan visi misi organisasi, bahkan motivasi dan ketulusan aparatur kelurahan Kidul Dalem dalam melayani dan bersinergi dengan masyarakatnya dalam upaya-upaya meningkatkan kualitas kehidupan.

Peran serta Kelurahan Kidul Dalem dalam Lomba Lurah Camat Award 2015 ini, paling tidak menjadi tonggak betapa solidnya kerjasama dan sinergisitas kami: aparatur-lembaga swadaya masyarakat- masyarakat kidul dalem. Semoga.(mazipiend|kelkidal)

Share

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.