Menyongsong Penilaian Otonomi Award Lurah Camat 2015

otonomi award kota malangSebagaimana jadwal penilaian dan visitasi lapangan Tim juri Otonomi Award Lurah Camat 2015 yang telah dirilis panitia dan diserahkan ke masing-masing Lurah – Camat, bahwa kegiatan penilaian tersebut untuk Kelurahan Kidul Dalem akan dilaksanakan pada hari Senin, 4 Februari 2015. Menyongsong penilaian dan visitasi lapangan tersebut, Kelurahan kidul dalem bersama lembaga- lembaga terkait lainnya telah berupaya untuk mempersiapkan diri secara optimal.

Persiapan dimaksud salah satunya adalah melakukan koordinasi antar lembaga yang dilaksanakan pada hari Senin, 23 Februari 2015 dan bertempat di Aula Pertemuan Kelurahan Kidul Dalem, Jl. MGR. Sugio Pranoto 23 A Kota Malang. Dalam koordinasi tersebut selain pihak Kelurahan Kidul Dalem sebagai tuan rumah, juga dihadiri perwakilan badan dan lembaga-lembaga kemayarakatan terkait, diantaranya: LPMK, BKM, PKK, Pokmas, Posyandu, Babinsa, Babinkamtibmas, dan juga beberapa perwakilan sekolah di wilayah Kelurahan Kidul Dalem. Badan maupun lembaga-lembaga kemasyarakatan tersebut dalam proses penilaian nanti akan turut hadir dan di wawancarai oleh tim juri terkait pelaksanaan 8 indikator penilaian dalam Lomba Otonomi Award Lurah Camat 2015 tersebut di Kelurahan Kidul Dalem.

Dalam kegiatan koordinasi yang dimulai pukul 11.00 tersebut, dalam paparannya Lurah Kidul Dalem menyampaikan pentingnya sikap keterbukaan dan apa adanya yang harus disampaikan kepada tim juri nantinya. Segala bentuk primordialisme dan ewuh pakewuh, yang dalam bahasa beliau disebut “sungkanisme” harus dihindarkan. Dengan begitu orisinalitas kinerja kelurahan akan terlihat dan dapat dijadikan refleksi untuk perbaikan diri. Dalam kesempatan itu beliau juga menyampaikan pentingnya dokumentasi dan pengarsipan. Banyak terjadi, prestasi-prestasi prestisius yang telah diraih tidak dapat dinilai dan menjadi portofolio positif hanya karena lemahnya dokumentasi dan pengarsipan.  

Kegiatan yang dipandu oleh Sekretaris kelurahan itu juga merekam beberapa masukan, saran maupun usulan yang menarik dari beberapa perwakilan dan akan menjadi catatan penting bagi Kelurahan Kidul Dalem sebagai instrumen peningkatan kinerja dan layanan yang profesional kepada masyarakat dan semua stakeholder.(mazipiend|kelkidal)