Realisasi Program Raskin di Kelurahan Kidul Dalem

Selasa, 21/04/2015 sebuah truk berhenti tepat di gerbang kantor Kelurahan Kidul Dalem. Untuk beberapa saat, truk berwarna merah itu menutup akses utama kantor kelurahan. Di belakang, dua orang tampak menurunkan muatan truk tersebut yang ternyata karung-karung berisi beras. Ya, hari itu realisasi jatah kuota beras miskin untuk periode April bagi rumah tangga sasaran di wilayah Kelurahan Kidul Dalem telah dikirimkan ke Kantor Kelurahan Kidul Dalem sebagai Titik Distribusi (TD)-nya.

Sebagaimana bulan-bulan sebelumnya, beras sebanyak 2190 kg. dalam 146 kemasan karung tersebut harus distribusikan secara tuntas pada hari itu juga. Keterbatasan tempat dan aspek keamanan membuat upaya itu harus dilakukan. Beras-beras dalam karung kemasan 15 kg. itu ditujukan bagi 146 keluarga sasaran program raskin yang kemudian disebut Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM). Masing-masing RTS-PM akan menerima 15 Kg. raskin perbulan. Di wilayah Kelurahan Kidul Dalem mereka tersebar di 7 dari 8 RW yang ada. Adapun sebaran RTS-PM Prog. Raskin tersebut adalah sebagai berikut: RW. 01 sebanyak 7 KK., RW. 02 sebanyak 42 KK., RW. 03 sebanyak 9 KK., RW. 04 sebanyak 33 KK., RW. 05 sebanyak 14 KK., RW. 06 sebanyak 20 KK., dan RW. 07 sebanyak 21 KK.

Capture

Secara teknis penyerahan raskin kepada para RTS-PM yang daftarnya diterbitkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) tersebut dikoordinir atau dilakukan oleh Kader PKK maupun pengurus RT/RW dimana mereka tinggal. Masing-masing RTS-PM akan dikenakan biaya yang disebut dengan Harga Tebus Raskin (HTR) sebesar Rp 1.600 per kg. Pembayaran HTR tersebut dilakukan secara tunai di Titik Distribusi (TD) di mana mereka mengambil jatah raskin tersebut. Kelurahan Kidul Dalem sebagai salah satu Titik Distribusi (TD), mendapat mandat untuk mendistribusikan raskin tersebut sekaligus menerima pembayaran HTR-nya dengan prinsip 6T; tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi.

Kini, truk merah pembawa raskin itu telah berlalu dan melanjutkan misinya. Akses gerbang Kelurahan Kidul Dalem-pun lapang kembali. Tanggung jawab raskin itu kini berada dipundak kami. Dan, mandat itu harus selesai tuntas hari ini. Sehingga program ini benar-benar dapat mengurangi beban pengeluaran rumah tangga sasaran dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok mereka, khususnya dalam hal beras. Semoga!. (mazipiend|kelkidal)