PPDB Online 2015 Kota Malang, Seperti Apa Penerapannya?

PPDB Online 2015


menjelang pendaftaran siswa baru SMP, SMA dan SMK Kota Malang 2015 atau yang kini lazim disebut Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2015 itu, banyak masyarakat yang masih belum mahfum dengan sistem pendaftaran sekolah dengan embel-embel online tersebut. Terlebih masyarakat bawah yang “jauh” dari persinggungan dengan dunia maya.

Sementara, masyarakat kelas menengah-atas yang relatif lebih terbuka dengan akses internetpun seringkali menerjemahkan frasa “Online” dalam kontek PPDB tersebut melalui difinisi harfiah semata. Mereka berfikir bahwa pendaftaran online ya pendaftaran yang dilakukan melalui koneksi internet (online), sebagaimana pendaftaran SNMPTN yang juga secara online. Pemahaman mereka tidaklah salah, namun secara teknis bukanlah seperti itu yang dimaksud.  

Yang dimaksud “Online” dalam kontek PPDB Online ini, adalah pada tahapan pengiriman data ke database, proses seleksi dan pengumumannya saja. Sementara untuk proses pendaftaran, siswa calon pendaftar harus datang secara fisik ke tempat pendaftaran dan berinteraksi secara langsung dengan petugas pendaftar.

Secara umum merujuk tahun sebelumnya, Prosedur pendaftaran diawali dengan calon pendaftar yang terlebih dulu harus mendapatkan blanko pendaftaran secara gratis di sekolah-sekolah yang ditunjuk (Biasanya Ketua Rayon). Formulir tersebut harus diisi secara lengkap dan benar, serta dilampiri berkas-berkas pendaftaran lain yang dipersyaratkan untuk kemudian dimasukkan ke loket/bagian pendaftaran.

Calon pendaftar yang telah memasukkan kembali formulir pendaftaran biasanya harus antri/menunggu dan akan dipanggil secara bergilir untuk proses verifikasi berkas, termasuk entry data dihadapan calon pendaftar. Setelah proses entry data dianggap valid dan disetujui calon pendaftar, petugas akan mengirim data tersebut secara online ke database/ server PPDB. Selanjutnya operator entry data akan mencetak Bukti Pendaftaran sebanyak dua lembar, yang akan diserahkan ke pendaftar dan sebagai arsip pendaftaran. 

Dengan diterimanya lembar Bukti Pendaftaran oleh calon siswa pendaftar, maka proses pendafataran dianggap selesai dan memasuki tahap berikutnya yaitu proses seleksi dan sekaligus pengumuman sementara yang juga dilakukan secara online dan dapat dilihat pada website http://malang.siap-psb.com

Pengumuman hasil seleksi sementara ini bisa dipantau sejak hari pertama pendaftaran (tgl. 04/07/2015) mulai pk. 13.00 hingga hari terakhir pendaftaran pada 07/07/2015. Selama 3 hari itu calon siswa pendaftar harus memantau perkembangan pengumuman sementara tersebut dari waktu ke waktu.

Pengumuman hasil seleksi final/ penerimaan secara resmi dapat di ketahui keesokan harinya yaitu pada tgl. 08/07/2015 pk. 10.00 wib. Pada saat itulah tidak ada lagi pergerakan posisi siswa hasil seleksi. Dan, calon siswa yang dinyatakan diterima tersebut harus melakukan proses Daftar Ulang di sekolah penerima pada tanggal 8 s.d.10 Juli 2015, pukul 08.00-14.00 WIB.

Bagaimana dengan wacana Pendaftaran Tahap II? Pendaftaran Tahap II hanya dibuka untuk sekolah-sekolah anggota PPDB Online yang pagu-nya belum terpenuhi minimal 8 calon siswa untuk masing-masing SMP/SMA dan minimal 32 calon siswa untuk masing-masing SMK.

Jadwal dan ketentuan PPDB Online 2015 secara lengkap, termasuk terkait Pendaftran Tahab II tersebut dapat dilihat pada link di bawah ini: 

PANDUAN PPDB 2015

(mazipiend|kelkidal)


share its with :

facebook twitter