Pernik Ramadhan di Kota Malang: Berburu Malam Mulia Di Masjid Istimewa!

Shotal Witir Malam Ganjil


Pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan ini, salah satu kegiatan favorit di Masjid Agung Jami’ yang banyak diikuti warga muslim Malang Raya adalah sholat witir berjamaah. Ibadah yang biasanya mengiringi sholat tarawih ini, pada malam-malam ganjil akhir Ramadhan ini di Masjid Agung Jami’ dilaksanakan pada pukul 23.30 wib. dan biasanya berakhir sekitar pukul 01.00 wib.

Namun begitu, sejak pukul 9 atau 10 malam masjid eksotik yang berada di pusat kota ini biasanya sudah ramai didatangi para jama’ah. Para jama’ah itu bukan saja warga kota melainkan juga berasal dari berbagai daerah di Malang raya. Melawan dinginnya malam mereka tetap antusias untuk berkhidmad bersama, berharap bersua dengan puncak keistimewaan bulan Ramadhan: Malam Lailatul Qodar.

Seperti suasana pada Sabtu (11/07) malam lalu yang bertepatan dengan Malam 25 Ramadhan, ribuan jamaah menyesaki masjid hingga meluber ke pelataran dan bahkan jalan raya depan masjid yang menghadap Alun-alun itu. Beralas koran mereka menggelar sajadah diantara parkiran mobil dan roda dua yang juga memadati ruas-ruas jalan di sekitar masjid legendaris tersebut.

Sebagaimana biasanya, sebelum sholat witir akan diawali dengan ceramah agama yang pada malam itu akan disampaikan oleh K.H. Marzuki Mustamar, M.Ag. Sayangnya kyai kharismatik tersebut berhalangan hadir. Pada malam istimewa tersebut sebagaimana telah dijadwalkan sholat witir diimami oleh Ust. H. Affan Salim dengan Badal K.H. Dr. Isyroqun Najah.

Bagi sebagian muslim malang Raya, berburu Malam Lailatul Qadar di Masjid Agung Jami’ terasa sungguh istimewa. Sebuah pengalaman ritual yang benar-benar menggetarkan jiwa, hingga beberapa jama’ah terlihat tak kuasa membendung air mata keimanan yang mengalir begitu saja.

JIka anda termasuk muslim/muslimah Malang Raya yang getol berburu barokah kemuliaan malam Lailatul Qodar, mungkin Masjid Agung Jami’ bisa jadi pilihan menggapai pengalaman religius istimewa anda pada Ramadhan kali ini. Setidaknya masih ada dua malam lagi: Malam 27 Ramadhan pada Senin (13/07) ini atau Malam 29 Ramadhan pada hari Rabu (15/07) malam nanti.

“Sesunguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS al-Qadr [97]: 1-5).


 

sholat id(mazipiend|kelkidal)


share its with :

facebook twitter