Gempa Bumi Kejutkan Lebaran Warga Malang Raya

IMG-20150727-WA0001

Laporan Gempa dari situs resmi BMKG Stasiun Klimatologi II Karangploso Malang (http://karangploso.jatim.bmkg.go.id, tgl. 26/07/15)


Minggu (26/07) kemarin warga Malang Raya yang masih menikmati suasana lebaran, dikejutkan oleh adanya gempa bumi. Meski di Kota Malang fenomena geologi tersebut hanya terasa beberapa saat dan belum sampai menimbulkan korban, namun gempa yang terjadi pada pukul 14.05 tersebut cukup menimbulkan kepanikan warga. Tak urung beberapa warga terlihat berhamburan keluar rumah seraya saling berteriak. Hal tersebut tentu saja menambah kegusaran. Untungnya kejadian alam tersebut hanya berlangsung beberapa saat, tak lebih dari 1 menit. 

Dikutip dari situs resmi BMKG Stasiun Klimatologi Klas II Karangploso Malang pada petang harinya, gempa tersebut berkekuatan 6,3 Skala Richter dengan lokasi/ pusat gempa pada koordinat 9.57 Lintang Selatan – 112.64 Barat Timur dan tidak berpotensi menimbulkan Tsunami. Gempa yang berlokasi di 150 kilometer Barat Daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kedalaman 10 kilometer dibawah Samudera Hindia tersebut juga terasa hingga Kab. Blitar, Lumajang, Banyuwangi, Surabaya, bahkan Bali dan NusaTenggara.

Sementara itu dari sumber yang sama, hari ini Senin (27/07) diperkirakan gempa tidak lagi terjadi di Malang Raya. Dengan suhu antara 17 – 31 0C dan kelembaban antara 62 hingga 96 %, arah angin di wilayah Malang akan mengarah ke Timur dengan kecepatan 35 km/jam. Dengan iklim yang berawan, secara umum wilayah Malang masih cukup konduksive bagi warga untuk melaksanakan aktivitasnya baik di dalam maupun di luar ruangan.

Hanya bagi warga yang banyak beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk tetap waspada. Arah angin yang kencang berpotensi menimbulkan bahaya, khususnya bagi pengendara roda dua ataupun pekerja yang beraktivitas di ketinggian. Gunakan masker dan kacamata serta tetap taati rambu lalu lintas yang ada. Sementara bagi pekerja yang beraktivitas di ketinggian, selain helm, sarung tangan dan sabuk pengaman prosedur savety work harus tetap diperhatikan.(mazipiend|kelkidal)


share its with :

facebook twitter