Pagelaran Wayang Kulit Disbudpar Kota Malang

baliho wayang kulit


Warga Ngalam pengemar wayang kulit layak bersukacita. Di awal bulan kemerdekaan ini atau tepatnya pada Rabu (05/08) mendatang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang akan menggelar Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-70 tahun 2015. Tontonan budaya tersebut tentu akan menjadi pemuas kerinduan bagi para penggemar hiburan tradisional yang mulai langka itu.

Bertempat di depan Gedung Kesenian Gajayana, Jl. Nusakambangan No. 19 Kota Malang, pertunjukan gratis tersebut akan digelar mulai pk. 19.00 Wib. dan menampilkan dalang Ki Nanang Pramudya, ST. Dalang kelahiran Trenggalek tersebut menjanjikan tontonan yang menghibur namun tetap edukatif melalui lakon: “Gatutkaca Krido”.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang melalui pertunjukan rakyat ini, berharap agar salah satu budaya tradisional yang adiluhung tersebut tetap lestari dan tidak tergerus jaman. Lebih dari itu salah satu gelaran event budaya ini selain memberikan hiburan mendidik bagi masyarakat, juga diharapkan menjadi destinasi dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke kota tercinta ini.  

Sebagaimana telah dipublikasikan, guna menggenjot kunjungan wisatawan ke Kota Malang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah merencanakan dan menggelar beberapa event wisata baik berskala nasional maupun internasional selama kurun waktu 2015 ini.

Melalui Kalender Event Kota Malang Tahun 2015 pada website resmi dinas tersebut, setidaknya pada bulan Agustus ini beberapa event besar telah direncanakan dan layak ditunggu oleh segenap warga Ngalam. Selain gelaran Wayang Kulit sebagaimana di atas, event- event tersebut diantaranya adalah:

  • Minggu, 16 Agustus 2015

PAGELARAN KESENIAN TRADISIONAL DAN KREASI BARU DI GEDUNG KESENIAN GAJAYANA, JL. NUSAKAMBANGAN
Pagelaran seni dan budaya tradisional dan kreasi baru oleh grup kesenian/sanggar, sekolah, perguruan tinggi secara rutin. Guna memotivasi para seniman untuk terus berkreasi

  • Minggu, 23 Agustus 2015

FESTIVAL KENDEDES DAN KEN AROK DI TAMAN KRIDA BUDAYA, JL. SOEKARNO – HATTA
Pemilihan Duta Budaya yang dapat dijadikan frontier pengembangan budaya dan tradisi Malangan.

  • Minggu, 30 Agustus 2015

PEMENTASAN/GEBYAR SENI BUDAYA DI TAMAN REKREASI KOTA MALANG (TAREKO)
Pagelaran Rutin Seni Budaya lokal di Taman Rekreasi Kota Malang yang bertujuan pelestarian budaya “Malangan” dan meningkatkan kunjungan wisata.

  • Senin, 31 Agustus 2015

MALANG FLOWER CARNIVAL DI JL. SIMPANG BALAPAN – JL. IJEN
Karnaval kostum kreasi bermotifkan bunga bagi masyarakat umum dan seniman dalam rangka menciptakan suatu atraksi wisata.

Event- event tersebut tentu akan menjadi hiburan rakyat nan murah, menarik dan tentu edukatif bagi warga Ngalam tercinta.(mazipiend|kelkidal}


Lokasi Pagelaran Wayang Kulit


share its with :

facebook twitter