Malang Flower Carnival 2015; Mengembalikan Jatidiri Malang Kota Bunga

Malang Flower Carnival 2015


Di bulan Agustus nan istimewa ini makin sering saja Pemerintah Kota Malang menggelar hiburan rakyat. Setelah Kirab Budaya sukses digelar pada Rabu (19/08) kemarin, lagi-lagi masyarakat dan wisatawan berkesempatan kembali untuk menonton event jalanan gratis. Kali ini lebih glamour dan fantastik karena yang digelar adalah event Malang Flower Carnival 2015 atau MFC 2015.

Atraksi wisata tahunan berupa karnaval fashion atau kostum bunga tersebut tahun ini telah memasuki tahun ke-6, dan kembali akan digelar di Jl. Ijen pada Minggu (23/08) nanti. Sehingga acara Car Free Day (CFD) yang biasa diadakan setiap Minggu pagi di boulevard legendaris itu nanti akan lebih semarak karena berlanjut dengan event MFC 2015 yang dimulai pk. 13.00 wib.   

Untuk menggelar event MFC 2015 dalam rangka memperingati 70 tahun Kemerdekaan RI ini, sebagaimana tahun sebelumnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga menggandeng Jurusan Tata Busana Univ. Negeri Malang yang memang telah mendunia dengan karya-karya kreasi kostum bunganya.

Para model akan berlenggak-lenggok memamerkan fashion exclusive-nya menyusuri “catwalk” jalanan ijen sepanjang 1000 m dari arah utara. Dimulai dari Panggung Utama di Jl. Simpang Balapan, berjalan di sisi timur jalanan kembar itu menuju selatan untuk berputar kembali dan finish di depan Museum Brawijaya.

Dalam karnaval yang diperlombakan ini, mereka akan dinilai oleh 7 orang juri independen untuk memperebutkan hadiah total 31,5 juta. Konon merupakan nilai paling besar dalam even serupa yang pernah digelar di Kota Malang.   

Penutupan jalan di sekitar lokasi hingga acara selesai sekitar pk. 18.00 wib., diperkirakan tidak terlalu berdampak sebagaimana saat Kirab Budaya kemarin yang memang sempat memacetkan sebagian besar arus di dalam kota.

Selain setiap Minggu pagi boulevard legendaris itu memang tertutup bagi kendaraan bermotor untuk aktivitas CFD, di sekitar ruas ijen memang banyak jalur-jalur alternatif yang bisa dilewati. Disamping itu hanya ruas jalan Ijen yang ditutup untuk kendaraan, sementara jalur-jalur lainnya tetap normal.  

Sebagaimana MFC 2014 tahun lalu yang bertepatan dengan momentum 100 tahun Kota Malang, kala itu diikuti 240 peserta termasuk dari luar kota. Tampilan peserta yang mengeksplorasi berbagai bunga dalam aneka kostum mereka sempat membikin decak kagum dan memukau ribuan pasang mata.

Kini, gelaran itu tentu lebih semarak lagi, dengan animo penonton yang pasti juga akan membludak kembali.Jadi sangat disayangkan apabila Minggu nanti kesempatan untuk melihat model-model cantik dengan aneka eksotisme gaun bunga mereka anda lewatkan begitu saja.

Dan yang lebih penting lagi, melalui MFC ini kita dukung komitmen Kota Malang untuk kembali pada “khitah” Malang sebagai Kota Bunga. Dirgahayau 70 Tahun Indonesia! Ayo Kerja untuk Malang Tercinta!(mazipiend|yahoo.co.id)


Lay Out Panggung & Rute Carnival
Layout Panggung MFC
CCF21082015_00000
CCF21082015_00002

share its with :

facebook twitter