Regulasi & Kebijakan

Menuju Good Governance, Pemkot Malang Gelar Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik dan Bimtek SKM

Sosialisasi_Pelayanan_Publik_Pemkot_Malang

Kegiatan Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik dan Bimtek SKM Pemkot Malang di Hotel Savana (25/09/2015)


Dalam upaya mendorong terwujudnya Good Governance di lingkungan Pemeritah Kota Malang, Pemkot Malang melalui Bagian Pemerintahan menggelar Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik dan Bimbingan Teknik Survey Kepuasan Masyarakat (SKM). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Savana tersebut dibagi dalam dua segment.

Segment pertama dilaksanakan pada 23 September 2015 dengan sasaran para Kepala SKPD, Camat maupun Lurah. Sedang pada segment berikutnya berlangsung pada 25 September 2015 dengan sasaran para Sekretaris SKPD/ Camat/ Lurah dan para Kasubag. Sungram ataupun Bagian yang menangani SKM di masing-masing SKPD atau unit kerja.

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah salah seorang Komisioner Komisi Pelayanan Publik Jawa Timur, yaitu Nuning Rodiyah, S.Pd.I, M.Pd.I. Narasumber banyak membedah tentang urgensitas Survey Kepuasan Masyarakat atau yang biasa disingkat SKM ini.

Berdasarkan pengalaman tugasnya di berbagai daerah, memang masih banyak pelaksana pelayanan publik yang belum mengimplementasikan SKM tersebut. “Kalaupun mereka melaksanakan juga banyak yang masih asal-asalan”, ujar sang komisioner yang akan mengakiri masa tugasnya pada 2016 tersebut.

Padahal implementasi SKM tersebut sangatlah penting. “Melalui SKM, sebuah organisasi pelaksana pelayanan publik dapat mengukur secara obyektif bagaimana kinerja mereka. Hasil SKM juga bisa dijadikan instrumen untuk  mengvaluasi kinerja organisasi tersebut”, ujar wanita berjilbab tersebut ramah.”… dan ini juga amanat undang-undang”, sambungnya serius.     

 Good Governance, Pelayanan Publik dan Survey Kepuasan Masyarakat adalah rangkaian yang tak terpisahkan dalam perspektif pemerintahan modern. Pemerintah Kota Malang sangat menyadari, bahwa ketiga hal tersebut hanya dapat tercapai melalui penguatan SDM aparaturnya. Inilah rasionalisasi mengapa kegiatan sosialisasi dan bimtek tersebut penting untuk dilaksanakan. (mazipiend|Kelkidal)