«

»

Nov 02 2015

Jawara- jawara AIKID 2015 Kota Malang

IMG20151030214353

Penerima Anugerah Inovasi & Kreativitas Informasi Digital (AIKID) 2015, berpose bersama Walikota Malang, Forpimda dan Kepada Diskominfo dalam Malam AIKID 2015 di Hotel Atria (30/10/2015)


Capaian maksimal ditorehkan Kelurahan Kidul Dalem dalam gelaran AIKID 2015. Dari 2 Anugerah utama AIKID dan 4 Kategori Lomba Website dalam tiap tingkat yang dilombakan, 2 Diantaranya diraih oleh Kelurahan yang dipimpin oleh Dedy Tri Wahyudi S.P., S.STP ini. Kelurahan lain yang juga membawa pulang 2 tropy adalah Kelurahan Sawojajar dan Kelurahan Blimbing. Namun begitu, tropy paling bergengsi di tingkat kelurahan dalam ajang lomba layanan informasi publik tingkat kota tersebut berhasil di rengkuh oleh Kelurahan Kidul Dalem.

Bertempat di Lt. 2 Hallroom Hotel Atria, Jl. Letjen Sutoyo, Malam Anugerah Inovasi & Kreativitas Informasi Digital (AIKID) 2015 tergelar cukup semarak pada Jum’at malam kemarin (30/10). Selain Walikota dan wakilnya, segenap Forpimda terlihat kompak hadir. Ketua DPRD, Kajati, Pangkodim, Kapolresta, bahkan perwakilan Komisi Informasi Publik Prov. Jatim, beberapa pengusaha dan pimpinan BUMN juga tampak mengisi deretan VIP roundtable. Termasuk para pimpinan dan pengelola web dari 42 SKPD dan 57 Kelurahan di lingkungan Pemkot Malang yang menjadi peserta kontestasi tersebut juga membuat suasana semakin meriah.

Tepat pk. 19.40 wib. acara dibuka dengan hentakan irama dari Dance City Indonesia. Band yang telah malang melintang di kafe-kafe lokal itu membawakan sekitar 4 lagu dengan beat-beat ceria ala Guruh Soekarno Putra. Dan tentu saja, suasana malam itu langsung hangat. Kilatan lighting warna-warni yang membalut stage bernuansa elegan itu benar-benar menambah kesan pesta penghargaan. Di tahun kedua penyelenggaraan event ini, Diskominfo semakin pintar mengemas seremonial award tersebut bercitarasa entertain dan jauh dari kesan formal. Setidaknya, penampilan tari-tarian yang biasanya menjemukan bagi sebagian orang, malam itu benar-benar terasa beda.

Kepala Dinas Kominfo, Zulkifli Amrizal, M.Sos yang malam itu bertindak sebagai Ketua Penyelenggara, menyampaikan peran strategis website bagi terwujudnya sebuah e-governmen. “Apresiasi kepada SKPD yang telah aktif meningkatkan pelayanan masyarakat melalui TIK. Meski masih banyak website SKPD yang belum update, tahun ini kami akan melakukan pendampingan”, urai pria ramah itu dalam sambutannya.

Apalagi website Pemkot Malang tahun ini juga telah dinobatkan sebagai website terbaik dalam ajang KABTA WEB AWARD 2015 yang digelar oleh Beritasatu.com. “Rumah besar (web Pemkot Malang)telah mendapat apresiasi. Sekarang bagaimana rumah-rumah kecil didalamnya (web- web yang terafiliasi di malangkota.go.id) semakin kokoh dan memberikan layanan informasi kepada masyarakat”, tegas pria berkacamata itu yang langsung disambut aplaus hadirin.

Suasana semakin bergemuruh ketika mulai dibacakan nominator-nominator para jawara di ajang tahunan Diskominfo ini. Dan, sebagaimana awal tulisan ini, Jawara Terbaik AIKID 2015 disandang oleh Kelurahan Kidul Dalem di tingkat Kelurahan, bersandingan dengan Disbudpar di tingkat SKPD.

Meski banjir ucapan, Kelurahan Kidul Dalem sendiri enggan untuk jumawa, apalagi terlalu euforia dengan prestasi tersebut.Website kelurahan yang ada di Kota Malang, khususnya yang secara aktif menginformasikan berbagai kegiatan yang ada, termasuk program-program pemerintah adalah website-website terbaik. Hanya saja pada penganugerahan AIKID 2015 ini menjadi rizki tersendiri bagi Kelurahan Kidul Dalem”, ujar sang nakhoda Kidul Dalem merendah.

Di internal kelurahan, kami bersepakat bahwa tidak mengejar penghargaan semata, namun tetap pada core keberadaan website sebagai salahsatu media informasi . Jadi ada atau tidak ada lomba, website harus tetap update informasi. Namun penghargaan ini makin memotivasi kami untuk lebih meningkatkan fungsi utama pelayanan masyarakat, baik pelayanan informasi maupun administrasi”,sambung Lurah yang bertugas di Kidul Dalem sejak tahun 2013 tersebut.

Bagi Kel. Kidul Dalem, pengakuan ini adalah awal tuntutan yang semakin besar. Tropy ini adalah penasbihan tanggung jawab yang semakin kompleks. Sehingga konsistensi dan keteguhan akan semakin dinanti masyarakat. Akankah tahun depan mampu tetap menghadirkan layanan informasi yang berkualitas melalui website tersebut?. Kita nantikan saja bersama!.(mazipiend|kelkidal)


Hasil Lengkap Penerima Penghargaan AIKID Award 2015

AIKID Terbaik 2015

  • Tingkat Kelurahan : Kelurahan Kidul Dalem
  • Tingkat SKPD : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Lomba Website AIKID 2015

Foto-foto Malam AIKID Award 2015

 

baca juga:

AIKID 2015 Kota Malang, Jembatan Menuju Smart City

share its with :

facebook twitter