Tulisan Ringan Kontestan Otonomi Award Lurah-Camat 2016

Lurah kidul dalemOleh: Dedy Tri Wahyudi S.P., S.STP. *)

 

Panggung Otonomi Award Lurah-Camat 2016 Kota Malang mulai digelar. Intensitas aktivitas Lurah atau Camat Kota Malang yang memang dinamis dituntut semakin tinggi seiring menyambut gelaran tahunan tersebut.

Sebagaimana diketahui, Program Bagian Pemerintahan Umum Setda Kota Malang bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Malang ini merupakan event tahunan Pemkot Malang yang telah memasuki tahun ke-dua. Perbaikan dan peningkatan kualitas kegiatan tentu terus diupayakan oleh penyelenggara.

Sebagai bagian dari kontestan lomba ini, setidaknya ada dua hal yang menurut penulis perlu mendapatkan perhatian untuk kemudian dapat dipertimbangkan sebagai bagian dari upaya perbaikan dimaksud. Salah satunya berkenaan dengan hadiah/ reward lomba ini di edisi pertama tahun lalu yang kecenderungannya bersifat exclusive, yakni hanya berorientasi pada pimpinan satuan kerja (Lurah/ Camat) pemenang.

Terkait dengan reward kegiatan ini, penulis punya kecenderungan berharap bahwa reward akan lebih bermanfaat jika itu bisa dinikmati bersama seluruh perangkat satuan kerja pemenang lomba bahkan seluruh warganya. Hal ini dikarenakan persiapan untuk lomba tersebut tidak digagas atau disiapkan sendiri oleh kepala satuan kerjanya, melainkan secara bersama-sama dengan seluruh perangkatnya, dengan kelembagaan masyarakat yang ada, bahkan warganya.

Selain itu sebagai bahan pertimbangan untuk kegiatan selanjutnya ke depan, tema kegiatan disampaikan satu tahun sebelum kegiatan lomba dilaksanakan. Hal ini dikarenakan materi yang dinilai adalah hasil kegiatan di tahun anggaran kegiatan sebelumnya.

Terlepas dari itu semua, penulis sangat mendukung program ini karena penulis yakin kegiatan ini tidak hanya sebatas memotivasi kinerja instansi/ SKPD kelurahan-kecamatan, tetapi juga akan memotivasi warga untuk memberikan yang terbaik yang mereka miliki. Apalagi tema tahun ini “Transformasi Kota Malang Menuju Smart City”, menjadi pesan kuat harapan Pemkot Malang yang mulai dipaparkan. Semoga ide besar kegiatan ini benar-benar tercapai.

*) Penulis adalah Lurah Kidul Dalem Kec. Klojen Kota Malang