Catatan Menyambut “102 Tahun Kota Malang Menuju Kota Kreatif Berwawasan Global”

HUT 102 KOTA MALANG_


Peringatan Hari Jadi Kota Malang yang ke-102 pada 1 April 2016  kurang sehari lagi. Perayaan tahun ini terasa lebih istimewa karena pada tanggal tersebut Kota Malang mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Indonesia Creative Cities Conference 2016 pada tanggal 30 Maret s.d. 5 April 2016. Hajatan nasional yang juga akan dihadiri duta besar dan perwakilan negara-negara sahabat tersebut akan berlangsung selama sepekan dan dipusatkan di Kawasan Stadion Gajayana. Sehingga tidak salah jika Tema Peringatan HUT Kota Malang Ke-102 Tahun ini bertajuk: “102 Tahun Kota Malang, Menuju Kota Kreatif Berwawasan Global”.

Tema tersebut mengandung makna bahwa di usianya yang  ke- 102 tahun ini, Kota Malang makin menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi kota tribina cita ini akan dapat berjalan dengan baik apabila senantiasa diiringi dengan kreatifitas baik dalam hal program, kegiatan maupun implementasinya yang berorientasi pada rakyat. Untuk itu tumbuhnya ekonomi kreatif harus terus didorong dan tidak boleh mengalami stagnasi hanya karena keterbatasan APBD. Semangat kreatifitas ragam gerak pembangunan melalui partisipasi secara masif dan meluas harus terus didorong dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Hal tersebut akan memicu tumbuh kembang dan terlahirnya industri-industri kreatif di Kota Malang. Kota Kreatif menjadi komitmen Kota Malang dan semangat tersebut akan dikampanyekan melalui penyelenggaraan Indonesia Creative Cities Conference 2016 ini

Kota Kreatif dengan semangat dan ciri gerak pembangunannya yang berbasiskan ekonomi kreatif, dalam perspektif kota Malang di usianya yang ke-102 tahun ini, diletakkan pada nilai-nilai kemandirian daerah serta dalam semangat untuk memenangkan persaingan global, khususnya dalam komunitas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Mengiringi semangat tersebut, maka Ekonomi Kreatif Kota Malang selain memiliki kekhasan nilai-nilai budaya daerah, juga harus memiliki standar mutu yang bercita rasa internasional. Sehingga ia tidak hanya mampu menembus pasar internasional tetapi juga menjadi baru identitas kebanggaan Kota Malang di era MEA ini.

Share

Pin It

Comments are closed.