5 Pasar Terunik Di Ngalam

IMG20150526121139


  1. Pasar Batu Mulia Majapahit

Meski tempat niaga tradisional ini bukanlah “pasar resmi”, namun Pasar Batu Mulia Majapahit yang oleh warga lokal biasa disebut “PKL Akik Mojopahit”, tetaplah layak ditempatkan di urutan atas dalam hal keunikan. Jauh sebelum isue dan fenomena batu akik yang sempat booming baru-baru ini, destinasi penjualan tradisional batu mulia ini memang sudah kondang ke seantero negeri. Di Kota Malang sendiri inilah satu-satunya sentral penjualan batu mulia. Menempati emperan ruko di ujung Jalan Majapahit di Kel. Kidul Dalem, setiap hari terdapat sekitar 25 pedagang yang berjajar menggelar dagangannya sejak pukul 8 pagi hingga jam 5 sore.

IMG20150526121221Makin surutnya isue dan booming batu akik, tak mengurangi keramaian tempat tersebut. Di akhir pekan, tak hanya warga lokal- pengunjungnya bisa datang dari berbagai pelosok negeri. Bahkan kerap terlihat turis-turis asing ikut nongkrong di sana. Mereka rela berlama-lama “berjongkok ria” menikmati atau bahkan ikut menawar aneka bebatuan yang konon juga bernuansa klenik itu. Di sekitar kawasan itu terlihat beberapa lapak jasa penggosokan batu akik yang masih tersisa. Selain tukang parkir, penjual kopi dan nasi, jasa penggosokan bebatuan fosil tersebut turut menyemarakkan perputaran uang di sana.

Tak jelas sejak kapan sentral penjualan tradisional batu mulia itu bermula. Setidaknya menurut catatan, sejak 1980-an pusat “bisnis batu” itu telah cukup diperhitungkan. Sempat berpindah-pindah tempat mangkal. Pernah di depan Toko Oen dan Hotel Rice, kini jujugan para penggila batu itu “menetap” di emperan ruko Majapahit. Tempat yang juga belum pasti karena bukan milik mereka sendiri. Namun begitu menyusuri jajaran batu-batu mulia yang khas dan menakjubkan di emperan ruko Jl. Majapahit akan tetap menjadi rekreasi unik dan mengasikkan. Khususnya bagi para penggila batu mulia yang hingga kinipun tak pernah surut.

Share

Pin It

Comments are closed.