Aparatur Sipil Negeri

Sosialisasi Peraturan Kepegawaian, Memperkuat Kultur Baru Reformasi Birokrasi

Sosialisasi Peraturan Kepegawaian

Kegiatan Pengambilan Sumpah/Janji PNS dan Sosialisasi Peraturan Kepegawaian yang digelar pada Selasa (31/05/16)


Mengiringi kegiatan Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kota Malang pada Selasa (31/05/16) kemarin juga digelar Sosialisasi Peraturan Kepegawaian bagi para PNS baru tersebut. Bertempat di Balai Merdeka Univ. Merdeka Jl. Terusan Dieng No. 62-64 Malang, sebanyak 565 PNS Pemkot Malang mengikuti pemaparan tentang hak dan kewajiban mereka sebagai Pegawai Negeri Sipil langsung dari sumber-sumber yang kredibel dan kompeten di bidangnya.

Saya merasa paling tampan (diantara yang duduk di depan). Karena yang disamping saya ini adalah para Putri Muslimah dan Putri Indonesia”, ujar Drs. Subhan mencoba mencairkan suasana di awal sambutannya. “Bu Sek (Sekretaris) dan ke-4 Kabid hadir lengkap untuk memberikan pengetahuan kepegawaian kepada jenengan semua”, sambung Kepala BKD yang memang tampan itu seraya memperkenalkan para pejabat strukturalnya.   

Pasca seremonial Sumpah/Janji, 506 PNS hasil rekrutmen jalur THK 2 tahun 2014 beserta 59 PNS jalur THK 1 dan reguler hari itu memang mendapatkan pemahaman terkait tata cara pengurusan beragam administratif kepegawaian yang tertuang dalam berbagai regulasi. Para PNS baru itu mendapatkan penjelasan langsung dari para Kepala Bidang di Badan Kepegawaian Daerah Pemkot Malang. Bidang Formasi dan Informasi (BFI), Bidang Kesejahteraan dan Pembinaan Disiplin (BKPD), Bidang Diklat dan Bidang Mutasi juga menyertakan materi cetak sosialisasi tersebut yang dibagikan kepada masing-masing PNS saat mereka registrasi.

Luar biasa pak, saya merasa bersyukur dan terharu. Pelayanan BKD kepada kita (PNS) benar-benar maksimal. Kita benar-benar merasa diuwongke (diorangkan, dilayani sebagaimana mestinya,red)”, ujar salah seorang PNS Guru bernama Dewi seraya mendekap SK PNS yang baru saja diterimanya. Passion melayani kini memang makin menjadi bagian dari BKD. Dan itu dirasakan oleh PNS Pemkot Malang, setidaknya mereka yang berada di gedung Balai Merdeka hari itu. Tentu semangat positif tersebut harus diimbangi dengan kultur pengabdian yang tulus dari PNS Kota Malang. Inilah sesungguhnya substansi dan roh utama reformasi birokrasi, menuju Kota Malang Bermartabat. Semoga!.(mazipiend|kelkidal)


Blanko & Persyaratan Karis/Karsu
Unduh Blanko & Persyaratan Karis/Karsu

(Sumber: Bag. Kesejahteraan & Penegakan Disiplin PNS BKD Kota Malang)