5 Icon “Singo Ter-Edan” di Bumi Arema

    5. Singa Arema di Gang Singo
Gang Singo

Patung Singa Edan satu-satunya yang bergaya Manga

Patung singo edan yang dibangun kira-kira 12 tahun yang lalu ini terlihat bergaya manga. Ukuran kepalanya dimorphing sehingga agak lebih besar dari badannya. Panjang dari ujung ekor yang menjuntai hingga bagian depan muka sang singa kurang lebih 2 meter, dengan tinggi patung kira-kira 1 meter.

modelnya nyontoh mainan anak-anak dari plastik itu loh”, ujar Hari Setiawan Ketua RT. 08/ RW. 06, wilayah dimana patung singo edan itu bertengger.

Ditempatkan di atas gapura setinggi 3 meter di mulut gang 4 Jl. Brigjend. Katamso, sehingga total tinggi dari permukaan tanah kurang lebih 5 meter.

Membuatnya ya di bawah, di dalam kampung. Setelah selesai digotong rame-rame dan dinaikin”, kenang pak RT. berkisah. Lelaki sepuh itu bercerita bahwa keberadaan patung singo itu sesungguhnya juga menghapus sebutan kurang mengenakkan untuk gang itu. Dahulu orang menyebutnya gang badeg. Karena konon di sekitar tempat itu memang terkenal ada penjual badeg. Meski sang penjual sudah tak ada lagi, tetap saja gang itu terlanjur disebut gang badeg.

Singo di Gang Singo

Gang Singo; Menjaga jatidiri Aremania

Kan gak mengenakkan ya. Setelah ada patung singa itu orang menyebutnya gang singo. Akhirnya kita namakan gang singo sekalian”, ujar lelaki ramah itu tersenyum. Ia juga mengaku bahwa patung singo edan itu murni swadaya warga setempat. Meski ia tak tahu berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membuat patung bercat kuning emas itu.

Susah ngitunge… ada sisa besi di tempat kerja, dibawa. Butuh semen, urunan”, ujarnya lagi.

Sebagaimana monumen atau patung-patung singo edan swadaya lainnya, memang sulit mengetahui pasti besaran anggaran yang telah dikeluarkan. Satu hal yang pasti, karya-karya monumental tersebut adalah refleksi kebersamaan, gotong-royong dan soliditas tulus dalam dekapan salam satu jiwa: A R E M A. Tamales gnalu nuhat! (mazipiend|kelkidal)


please, share its by :

facebook twitter
dan dukung website kami di polling AIKID Award 2016
webterbaik

Share

Pin It

Comments are closed.