Lontong Balap Ayabarus yang maknyus di Ngalam!

Lontong Balap

Kedai Lontong Balap Ayabarus rasa Ngalam di Jl. Aris Munandar, Maknyus di lidah ramah di kantong.


Untuk urusan kuliner yang maknyus di Kota Malang, Kidul Dalem adalah salah satunya kantongnya. Dari yang eksklusive dan elit hingga yang berlebel kali lima dan ramah dengan kantong mahasiswa. Nyaris semuanya tersedia di jantung Kota Malang ini.

Kali ini kami akan merekomendasikan pembaca dan petualang kuliner untuk mencoba menu satu ini: Lontong Balap Ayabarus!. Masakan tradisional Surabaya yang nylonong dan terdampar di daerah Kidul Dalem, tepatnya di Jalan Aris Munandar. Lokasinya bersebelahan dengan RM. Pak Untung dan berseberangan dengan SD/SMP Taman Harapan.

20160921_132809Tak terlalu sulit untuk menemukan tempatnya. Karena begitu melintas dari pertigaan Hotel Ollino Garden ke arah barat, tak sampai 500 meter akan terlihat banner kuning di kanan jalan bertuliskan: Lontong Balap Wonokromo Ayabarus Ning Rini. Ya letaknya memang di trotoar jalan, kelas kaki lima dengan harga yang tentu cukup ramah bagi siapa saja. Tapi untuk urusan rasa, jangan ditanya. Anda mungkin perlu mencobanya.

Kane!”, ujar seorang rekan dengan logat khas ngalam singkat, sesaat setelah menyantap seporsi di kedai kaki lima Sam Suryadi/ Mbak Rini, suami istri warga Kidul Dalem RW. 03 itu.

Menu berisi irisan lontong dengan kuah berpetis yang ditimbun tauge dan ditaburi bawang goreng kering. Setusuk sate kerang dan potongan-potongan “lentho” atau gorengan berbahan kacang hijau melengkapi menu itu.

Jika anda suka dan berkenan untuk ditambahi mie kuning, Sam Suryadi pria 42 th kelahiran Jodipan itu akan menambahkannya ke piring anda. Maka seporsi Lontong Balap maknyus terhidang dan siap memanjakan lidah kritis anda. Lebih maknyus lagi diiringi kriuk-kriuknya krupuk tengiri yang dijual terpisah. Tersedia juga sambal encer dengan kecap asin dan manis untuk menambah selera anda.

Untuk bavarage-nya, tersedia teh dan jeruk manis baik hot maupun yang cold. Untuk seporsi lontong balap Sam Yadi, yang mengaku mendapat resep dari neneknya yang asli Ayabarus itu, mematok harga Rp. 8.000. Dan,  jika ditambah mie harganya menjadi Rp. 10.000. Sementara untuk segelas Es Teh atau Es Jeruk harganya Rp. 3000. Cukup ramah bagi yang berkantong tak terlalu tebal sekalipun.

Diiringi hiruk pikuk kendaraan, diantara terik mentari dan masuknya jam makan siang, menikmati Lontong Balap Ayabarus rasa Ngalam ala Ning Rini benar-benar terasa Wow!. Sesekali menikmati angkringan pinggir jalan tak akan memudarkan gengsi, malah kadang ada sensasi yang berbeda. Toh yang murah-meriah tak selalu mengorbankan lidah.

Sayangnya tempat yang terbatas dan lokasinya yang di jalur padat membuat tak nyaman untuk berlama-lama. Yang pasti, sensasi kuliner yang berbeda akan anda rasakan di sini. Sebagaimana yang kami rasakan siang itu. Ingin mencobanya? Datang saja ke jalan Aris Munandar di Kel. Kidul Dalem. Buka mulai jam 10.00 wib hingga 15.00 wib. Selamat mencoba dan merasakan sensasinya!(mazipiend|kelkidal)


please, share its by :

facebook twitter
webterbaikTerimakasih atas dukungan netizen yang memilih website kami di polling AIKID Award 2016. Dukungan anda akan memotivasi kami untuk terus menghadirkan informasi-informasi beragam dan bermutu dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip positive jurnalism.