Asa Pemberdayaan pada Warung Posdaya Mawar di Kel. Kidul Dalem

WARUNG POSDAYA

Ketua RW. 01 saat memberikan sambutan dalam Peresmian Warung Posdaya Mawar Kel. Kidul Dalem yang berada di setempat (07/11)


Menjelang akhir tahun, Program POSDAYA di Kelurahan Kidul Dalem terus menggeliat. Kali ini di bidang ekonomi melalui launching Warung Posdaya “Mawar” yang berlokasi di RW. 01 Kelurahan Kidul Dalem. Menempati teras rumah Bu Erna, sebuah etalase dengan beberapa produk unggulan terlihat tertata rapi. Produk-produk daur ulang dan makanan sehat karya warga masih mendominasi.

Masih tetap dengan pendampingan dari STIKES Maharani Malang, Warung Posdaya Mawar tersebut juga diharapkan menjadi motor penggerak pemberdayaan ekonomi warga.

Warung Posdaya ini adalah tempat dimana warga bisa memasarkan produk-produknya”, ujar Feriana Ira Handian, M.Kep, akademisi pendamping dari STIKES Maharani saat memberikan pengantar pada acara tersebut.

Acara launching tersebut dikemas dengan sederhana dan dihadiri sekitar 30-an undangan. Bukan kebetulan halaman rumah Bu Erna yang asri itu  menjadi lokasi warung Posdaya tersebut. Selain memang strategis, rumah tersebut juga menjadi pusat kegiatan kerajinan daur ulang warga.

Meski kedua pucuk pimpinan yakni Lurah Kidul Dalem dan Ketua STIKES Maharani tak bisa hadir, tak mengurangi esensi penting dari pembukaan Warung Posdaya tersebut. Bahkan Pengurus RW. 01 cukup antusias dengan kehadiran warung tersebut.

Setiap tahun ponpes (Darul Hadist) yang ada di kampung kita ini menggelar acara wisuda yang dihadiri ribuan orang. Itu sebenarnya peluang bagi warga untuk menggelar berbagai produk kreatifnya, termasuk warung Posdaya ini,” ujar H. Gatot A. Husein, Ketua RW. 01 dalam sambutannya. Dalam kesempatan itu mantan pendidik tersebut kemudian juga diberi penghormatan oleh Bu Rini (Kasi Kesmas Kel. Kidul Dalem) untuk meresmikan Warung Posdaya Mawar tersebut.

Sementara itu Ibu Sumiatun, S.ST., M.Pd. yang mewakili Ketua STIKES juga menyampaikan harapannya agar Warung Posdaya tersebut dapat berkelanjutan sehingga membawa dampak positif terhadap perekonomian warga.

Etalase ini jangan dinilai harganya nggih. Tapi ini mungkin bentuk dukungan dan komitmen kami untuk bersama-sama mencari celah-celah  yang memungkinkan untuk memberdayakan warga”, ujar akademisi senior tersebut.

Sebagaimana diketahui Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) adalah keterlibatan Perguruan Tinggi di Kota Malang dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan. Setidaknya 32 PTN/PTS terlibat dalam program ini dan telah menandatangani MOU dengan Pemkot Malang.

Salahsatunya adalah STIKES Maharani yang memiliki wilayah cakupan di Kel. Kidul Dalem. Posdaya tersebut memiliki lima pokok program yakni: Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Seni Budaya, dan Lingkungan. Pendirian Warung Posdaya Mawar, adalah salah satu upaya pemberdayaan ekonomi di maksud.

Di tengah ketatnya perebutan pangsa pasar oleh gempuran swalayan-swalayan yang merengsek hingga ke kampung, Warung Posdaya Mawar tersebut mungkin hanyalah sebuah sampan kecil di tengah gelombang lautan. Namun setidaknya ada asa pemberdayaan di sana. Sebuah asa yang memang tak seharusnya berjuang sendirian. Setidaknya sampan kecil itu meski harus terombang-ambing tak boleh sampai tenggelam. Harus ada mercusuar yang memandunya hingga mampu bersua daratan. (mazipiend|kelkidal).


please, share its by:

facebook twitter