Suksesi Kepemimpinan RW dan Kematangan Demokrasi Warga Kidul Dalem

Pemilihan Ketua RW 06

Lurah Kidul Dalem, Johan Fuaddy, S.STP., M.Si saat menyampaikan sambutan dalam Pemilihan Ketua RW. 06 pada Minggu (13/11 )


Satu persatu suksesi kepemimpinan RW. di wilayah Kelurahan Kidul Dalem mulai bergerak. Dari 8 Rukun Warga yang ada, 4 diantaranya telah melaksanakan proses pemilihan Ketua RW dengan lancar dan demokratis.

Diawali dengan RW. 07 yang melaksanakan proses pemilihan pada pertengahan Oktober lalu dan dimenangkan oleh sang petahana yakni Wagiman. Menyusul kemudian RW. 05 yang juga melaksanakan Pemilihan Ketua RW-nya pada 6 Nopember 2016 dan menghasilkan wajah baru sebagai Ketua RW. 05, yakni Nur Rochman.

Berikutnya bertempat di Aula Kelurahan Kidul Dalem pemilihan Ketua RW. 02 juga telah dilaksanakan pada akhir November lalu. Hasilnya tak beda dengan RW. 05 yang mempertahankan sang petahana, yaitu Achamad Lestari sebagai peraih suara terbanyak.

Dinamika terjadi pada pemilihan Ketua RW. 06 yang berlangsung pada Minggu (13/11) kemarin. Bertempat di Jl. Embong Brantas, pemilihan Ketua Rukun Warga di wilayah DAS Brantas tersebut menghadirkan 3 kandidat, masing-masing: Arif Furqon (1), Wahyu Boediono (2), dan Jumadi (3). Mereka beradu visi dan misi untuk memperebutkan 238 suara konstituen yang hadir dalam pemungutan suara untuk Ketua RW. 06 masa bhakti 2016-2019.

Persaingan antar kandidat dalam penghitungan suara berlangsung cukup ketat. Sempat terjadi kejar-kejaran perolehan suara di awal-awal penghitungan, sampai akhirnya kandidat dengan nomor urut 1 unggul dan meninggalkan kompetitornya.

Hasil akhir proses penghitungan suara Pemilihan Ketua RW. 06 tersebut secara berurutan adalah: Arif Furqon (1) dengan 96 suara, Wahyu Boediono (2) memperoleh 75 suara, dan Jumadi (3) dengan perolehan 66 suara. Sementara 1 suara dinyatakan tidak sah.

Proses demokrasi kampung yang berlangsung sejak pk. 09.30 hingga pk. 14.00 itu dihadiri 90 % pemilik suara dan terasa semakin legitimate dengan kehadiran tokoh-tokoh Kidul Dalem. Selain Lurah Kidul Dalem Johan Fuaddy, S.STP., M.Si,tampak pula Ketua LPMK Drs. Suprijadi, SE, Ketua BKM Joni Iskak, maupun beberapa Ketua RW lain, seperti Wagiman (RW. 07), Drs. Suyadi (RW. 03), dan Achmad Lestari (RW. 02).

Ucapan selamat sontak mengalir kepada sang Ketua RW. terpilih, Arif Furqon yang juga merupakan Ketua Pokmas Wahana. Sebagai Ketua Pokmas lelaki warga RT. 05 tersebut memang tak asing lagi di lingkungan Kelurahan Kidul Dalem. Saat ditanya program kerja prioritas yang akan digarap di wilayahnya, dia menjawab singkat : mewujudkan kampung tematik!.

Sebagaimana diketahui dalam lomba Rancang Malang 2016 yang lalu, Kelurahan Kidul Dalem diwakili oleh RW. 06 dengan konsep Kampung Seni dan Kreasi Brantas. Meski belum berhasil menembus ketatnya persaingan lomba desain penataan kawasan pemukiman itu, konsep yang ditawarkan yang memadukan antara seni dan lingkungan hidup itu memang cukup menarik untuk diwujudkan.

Sesungguhnya kematangan demokrasi harus diwujudkan pula melalui dukungan dan keterlibatan aktif warga dalam ide-ide pembangunan yang diperjuangkan oleh Pengurus RW. Dus, bagaimana tingkat kematangan demokrasi warga Kidul Dalem? untuk mengukurnya tentu kita tunggu bersama perubahan wajah kampung-kampung di Kidul Dalem itu.(mazipiend|kelkidal)


please, share its by :

facebook twitter