Outdoor Learning SDN Klojen 1 Tentang Kepemimpinan di Kelurahan Kidul Dalem

SDN KLOJEN 1

Murid Kelas 6 SDN Klojen 1 saat Pembelajaran tentang Kepemimpinan di Kelurahan Kidul Dalem pada Selasa (10/11/2016).


Pada Selasa (10/01/16) pagi tadi, Aula Kantor Kelurahan Kiduldalem dipenuhi oleh murid-murid SDN Klojen 1. Dikawal Kepala Sekolah, Irina Rosemaria, M.Kpd, Arif Wahyudi, S.Si. (Wali Kelas 6A), Kristiana, S.Pd. (Wali Kelas 6B) dan 2 orang TU sekitar 40 siswa kelas 6 dari 2 kelas itu mengadakan pembelajaran langsung di luar kelas atau biasa disebut Outdoor Learning.

Pembelajaran tematik pada Tema 7 di kelas 6 memang membahas tentang Kepemimpinan. Para murid yang kebanyakan warga Kidul Dalem tersebut berinteraksi dengan Lurah Kiduldalem, Johan Fuaddy, S.STP., M.Si. dan ditugasi untuk bertanya langsung terkait kepemimpinan di struktur kelurahan.

Meski masih anak-anak pertanyaan-pertanyaan mereka cukup lugas dan cerdas. Salahsatunya murid bernama Meita yang menanyakan tentang Nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang Lurah agar sukses dalam kepemimpinannya. Dan, tentu Pak Johan dengan telaten menjawab setiap pertanyaan murid-murid tersebut.

Ibu Kristiana, S.Pd. mengungkapkan bahwa pembelajaran langsung seperti ini sangat penting guna memberikan keberanian kepada siswa untuk mengeksplorasi kemampuan bernalarnya.

Dengan belajar teori dan praktek seperti ini maka anak akan belajar secara langsung (dari sumbernya), belajar wawancara sebagai muatan pembelajaran Bahasa Indonesia, sekaligus menggali keberanian mereka agar kelak menjadi pemimpin yang baik”, ujar bu guru berkacamata itu.

Setelah wawancara dan penggalian data, masing-masing murid itu juga diharuskan membuat resume yang distempel kelurahan dan akan menjadi penilaian mereka. Dengan menyaksikan kecakapan beberapa diantara mereka, layak jika kita berharap bahwa bibit-bibit generasi emas bisa jadi terlahir dari Kiduldalem. Semoga saja!(mazipiend|kelkidal)


please, share its by :

facebook twitter