Step by step: Pengajuan Ganti Uang (GU) Di E-Finance Hingga Pencairannya (chart # 2)


Melanjutkan cerita tentang “Pengajuan Ganti Uang (GU) Di E-Finance Hingga Pencairannya” dan kali ini di session #2 (hihihi…koyo’ serial FTV ae ya…). Setelah perjalanan di etape pertama lalu (Pengiriman SPJ dan Pelaporannya di Apl. E Finance) kelar dilakukan dan dinyatakan clear oleh Verifikator di loket SPJ GU BPKAD, saatnya melanjutkan etape kedua yaitu Pembuatan SPP-SPM dan Pengirimannya, serta etape terakhir yaitu Penerbitan SP2D dan Pencairan GU di Bank. Duh… koyo relly mobilae etape-etapean!. Tak perlu berpanjang lebar wes, berikut lanjutan tutorial tahapan- tahapan selanjutnya:

  1. PEMBUATAN & PENGIRIMAN SPP-SPM
    1. Membuat dan Entry Form SPP melalui Akun Bendahara
    2. Verifikasi SPP melalui Akun PPK
    3. Membuat dan Entry Form SPM melalui Akun PPK
    4. Download dan Cetak SPP – SPM
    5. Pengiriman SPP dan SPM ke BPKAD
  2. SP2D GU DAN PENCAIRAN GU DI BANK JATIM

Akhirnya, dengan mendaratnya Dana GU di rekening SKPD, mala tuntaslah sudah tugas Bendahara maupun PPK dalam satu pencairan GU (termasuk tugas saya bikin tutorial ini! hehehe). Heemmmm… hingga siap untuk melakukan aktivitas yang sama guna pengajuan dan pencairan GU-GU berikutnya.

Dus, Selamat berkarya sob, semoga bermanfaat! Mohon maaf jika masih ada yang salah, namanya juga sama-sama belajar…hehehe. (mazipiend|kelkidal)