Trembesi Tumbang Menimpa Sebuah Kijang di Sebelah Ramayana

Pohon Trembesi Menimpa Mobil Kijang

Kijang Malang, sebuah mobil Kijang Silver yang melintas di Jl. Arismunandar harus dihentikan mendadak oleh Pohon Trembesi yang tumbang (21/02/17)


Beberapa saat lalu, sekitar pk. 14.10 wib. warga dan masyarakat yang sedang beraktivitas di sekitar Jl. Arismunandar, tepatnya disebelah utara Ramayana Alun-alun Mall dikejutkan oleh tumbangnya pohon Trembesi tua setinggi kurang lebih 15 meter. Lebih miris lagi pohon berdiameter sekitar 80 cm tersebut nyaris saja menghancurkan sebuah mobil yang tengah melaju sedang dijalur yang kebetulan saat kejadian tak terlalu padat.

Untung saja pohon yang puluhan tahun berdiri di disebelah kanan jalur padat itu akarnya masih tertahan oleh kerasnya permukaan tanah akibat pengerasan jalan, sehingga tidak sampai robohmenghujam ke tanah. Namun begitu, malang bagi pengendara mobil bernopol L 909 BB tersebut. Bagian atap mobil kijang silver tersebut sempat tersenggol batang pohon yang melintang di atas jalan raya tersebut.

Meski tak sampai menimbulkan korban jiwa, tak ayal pengendara asal Surabaya tersebut sempat shock dan harus dievakuasi ke tempat aman. Arus lalu lintas di lokasi kejadianpun harus dialihkan. Polisi, Satpol PP, Petugas BLH (eks. DKP) beserta aparat Kelurahan Kidul Dalem dibantu masyarakat sekitar bahu membahu mengatasi kejadian tersebut. Sebuah Mobil Crane dan dua Truk DKP disiapkan untuk mengevakuasi pohon bernama ilmiah Albizia Saman tersebut.

Banyaknya masyarakat yang bergerombol dan menonton kejadian terlihat cukup menyulitkan aparat untuk bergerak lincah. Sesekali petugas harus mengingatkan mereka karena terlalu dekat dan menyulitkan petugas DLH yang sedang memotong pohon dengan gergaji elektrik tersebut.

Menurut warga sekitar, kejadian tersebut benar-benar mengejutkan. Karena sebelumnya tak ada tanda-tanda bahwa pohon tersebut akan roboh. Apalagi cuaca juga sedang cerah, tak ada hujan apalagi angin kencang.

Gak ngerti mas, tiba-tiba roboh dan warga panik”, tutur Suryadi (32 th) salah seorang penjual makanan yang mangkal di sekitar lokasi kejadian. Hingga berita ini ditulis (pk. 15. 45), evakuasi sedang dilakukan, dan pengguna jalan yang akan melintas di lokasi kejadian untuk mengalihkan jalurnya.

Dan, yang terpenting masyarakat pengguna jalan harus tetap waspada dan berhati-hati. Kejadian serupa tak hanya sekali ini terjadi dan mungkin juga akan kembali terjadi. Karena pohon-pohon serupa dengan perakaran dangkal yang menjalar kemana-mana bahkan bisa merusak pondasi bangunan dan mengangkat badan jalan itu masih banyak bertebaran di tepi-tepi jalan raya. Meski alasan penghijauan, pohon Trembesi layak tetap diwaspadai!

Foto-foto lainnya:

1 (1)
1 (2)
1 (3)
1 (4)
1 (6)
1 (7)
1 (8)
1 (9)
1 (10)

please, share its by :

facebook twitter