Inilah Jam Kerja Kelurahan Selama Ramadhan

ASN dari beberapa kelurahan saat mengikuti pelatihan beberapa waktu lalu. Ramadhan menjadi momentum terbaik mereka dalam menghadirkan layanan berkualitas kepada masyarakat (24/05/2017)


Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, untuk menghormati bulan suci umat Islam sekaligus mengoptimalkan pelayanan, perubahan jam pelayanan senantiasa diterapkan di instansi-intansi pemerintah. Di Pemkot Malang, instruksi penyesuaian jam layanan selama bulan Ramadhan ini disampaikan melalui surat edaran Walikota Malang bernomor: 800/1521/35.73.403/2017 tertanggal 23 Mei 2017, perihal Jadwal dan Jam Kerja Bulan Ramadhan 1438/2017 M.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa jam kerja OPD di lingkungan Pemkot Malang selama Ramadhan 1438 H ini adalah untuk hari Senin s.d. Kamis :  pk. 08.00 wib s.d. pk. 15.00 wib., tanpa istirahat. Sedangkan untuk hari Jum’at :  mulai pk. 08.00 wib s.d. 14.30 wib., dengan istirahat untuk Sholat Jum’at 11.00 wib s.d. 12.30 wib.

Namun begitu, pengaturan jam kerja tersebut tidak mutlak berlaku untuk OPD yang menerapkan pola 6 hari kerja, atau yang melaksanakan fungsi dan pelayanan khusus seperti: Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, dan sejenisnya. Kepala masing-masing OPD tersebut diberi kewenangan untuk mengatur jam kerja Ramadhon dengan tetap mengacu pada Surat Men. PAN RB No. B/19/M.KT.02/2017.

Melalui penyesuaian ini, jam kerja ASN yang biasanya 38 jam perminggu, maka kini menyusut menjadi 32,5 jam. Namun begitu, kualitas layanan selama bulan Ramadhan ini diharapkan tetap berjalan optimal. “Bulan Ramadhan memang tidak boleh menjadi alasan penurunan kualitas layanan. Misalnya setelah sholat dhuhur nyuri-nyuri kesempatan untuk tidur”, ujar salah seorang staf BKD yang tak mau disebut namanya.

Sementara itu, Kelurahan Kidul Dalem juga memastikan bahwa berkurangnya jam kerja tak akan mengurangi kualitas kinerja mereka. “Seperti biasa kami akan tetap maksimal untuk melayani masyarakat. Bukan hanya berkutat pada pengurusan administrasi kependudukan semata, tetapi keamanan dan kenyamanan di wilayah Kidul Dalem juga tetap kami kondisikan bersama-sama warga dan aparat terkait”, tutur Lurah Kidul Dalem, Johan Fuaddy, S.STP., M.Si. meyakinkan.

Memang, Ramadhan sesungguhnya justru menjadi momentum terbaik bagi ASN untuk tetap menghadirkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Sehingga, meski jam kerja makin menyusut namun kepuasan dan kebanggaan masyarakat atas kinerja birokrasi Pemkot Malang tak akan berkurang sedikitpun. Selamat datang Ramadhan Mubarrak, Barokalloh untuk Kota Malang tercinta. (mazipiend|kelkidal).