Zona Air Siap Minum Ini Membuat RW. 06 Beda


Menurut (pihak) PDAM inilah (instalasi) air siap minum pertama yang dipasang (sebagai fasum) di kampung “, ujar mas Arif Furqon bangga saat menunjukkan fasilitas baru di kampungnya. Ketua RW. 06 Kel. Kidul  Dalem Kota Malang itu juga menambahkan bahwa setidaknya 2 kali dalam seminggu petugas dari PDAM akan datang untuk memantau dan mengecek higienitas fasilitas baru tersebut.

Ya, sejak beberapa hari lalu kampung yang berada tepat di sisi utara Sungai Brantas ini memang telah dilengkapi fasilitas umum (fasum) baru berupa Zona Air Minum Prima (ZAMP) dari PDAM Kota Malang. Seperangkat instalasi pemurni air dilengkapi 2 buah kran telah terpasang dan siap mengeluarkan air sehat yang benar-benar dapat diminum langsung tanpa perlu dimasak lagi.

Fasilitas baru ini tentu menjadi nilai tambah dan melengkapi konsep Kampung Sektas (Seni Kreasi Brantas), yang menonjolkan seni mural dan gambar-gambar dinding untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan dan ajakan hidup bermasyarakat yang positif.

Penempatan fasum ZAMP tersebut juga cukup strategis, yakni tepat di mulut Gang 2 Jl. Embong Brantas yang menjadi akses utama masuk ke Kampung Sektas itu. Keberadaannya di tempat terbuka diharapkan benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga. “Terutama anak-anak sepulang sekolah. Bahkan tiap Sabtu di tempat itu biasanya ada kegiatan Posyandu, jadi pasti nanti sangat bermanfaat”, ujar mas Arif bersemangat.

Namun begitu keberadaannya yang terbuka dan tanpa pengaman tentu menuntut kepedulian semua warga untuk bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas istimewa itu. “Awalnya sempat mau dipasang di atas (Balai Pertemuan RW), kemudian di Balai Posyandu yang juga tertutup, tapi nanti pemanfaatannya malah jadi minim”, ungkap mas Arif lagi. Ketua RW yang juga aktif di Pokmas Wahana itu juga mengungkapkan bahwa memang masih banyak hal yang perlu dilengkapi terkait fasilitas itu. “Terutama colokan listriknya, biar nanti juga bisa keluar air dingin seperti dari kulkas”, ungkap lelaki ramah tersebut.

Diluar itu, keberadaan tulisan dan himbauan agaknya juga sangat penting untuk melengkapi fasilitas anyar ini. Biar tak disangka wastafel yang biasa untuk mencuci tangan, karena bentuknya yang memang nyaris sama. Dan tentu, himbauan untuk bersama-sama memanfaatkan dan menjaga aset kebanggaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Sehingga Kampung Sektas RW. 06 benar-benar jadi kampung yang semakin nyaman dan membanggakan. Semoga! (mazipiend|kelkidal).