Berpetualang Budaya Nusantara di Indonesia City Expo 2017 (APEKSI) Kota Malang

Penampilan seni tari dari Kontingen Kota Binjai di panggung budaya ICE 2017 pada Jumat kemarin (21/07/17)

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, hingga tahun ke-12 gelaran Rakornas APEKSI tahun ini juga diiringi dengan event Pameran Produk-produk Unggulan dari berbagai kota anggota asosiasi tersebut. Lebih lanjut, pameran yang kemudian dikenal dengan Indonesia City Expo (ICE) itu kali ini bahkan merupakan penyelenggaraan yang ke-15, atau 3 tahun lebih tua dari APEKSI itu sendiri.

ICE ke-15 tahun 2017 ini, sebagaimana Rakornas APEKSI XII juga bertempat di Kota Malang, tepatnya di Stadion Luar Gajayana, Jl. Kawi. Dibuka berbarengan dengan perhelatan Pawai Budaya APEKSI pada Rabu (19/07/17) lalu. Pameran dengan tagline “Pekan Promosi Kota- kota Di Indonesia” ini akan berlangsung hingga Minggu (23/07/17) esok.

PDAM Kota Malang turut ambil bagian dalam ICE 2017 dengan inovasi ZAMP-nya

Sebagai sebuah expo produk unggulan nusantara, even ini sangat recommended untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan ini. Ribuan produk kreatif dan inovatif ditampilkan di anjungan masing-masing kota peserta APEKSI termasuk partisipan dari BUMN dan perusahaan-perusahaan swasta. Setidaknya ada 79 peserta yang berpartisipasi dan ditempatkan dalam 3 hall tenda raksasa (dome) yang sangat nyaman.

Salah satu sudut di hall ICE 2017, bersih, lapang, nyaman dan mengasyikkan

Produk-produk unik dari berbagai daerah nyaris lengkap tersedia di pameran yang akan ditutup pada minggu sore besok. Mulai dari busana-busana khas (songket, iket, ulos, selendang tenun, batik, dll.), handycraft dan assesories baik yang tradisional maupun kontemporer, hingga camilan dan dolanan anak tradisional. Semua tersaji apik di lapak-lapak modern peserta. Sayangnya tidak tersedia stand khusus untuk kuliner, jadi agar petualangan edukasi budaya anda tidak terganggu, usahakan tak ada perut yang keroncongan.

Anjungan Kota Yogjakarta dengan produk-produk unggulannya

Selain untuk refreshing atau belanja, even ICE ini juga tepat untuk membuka wawasan nusantara dan edukasi budaya. Sebuah panggung besar untuk menampilkan beragam seni budaya dari masing-masing kota berikut jadwalnya juga telah dipersiapkan di bagian luar hall dengan dome yang juga cukup nyaman. Diluar itu penampilan dan dekoratif anjungan masing-masing peserta yang menarik juga sangat sayang untuk dilewatkan. Maklum saja, stand atau anjungan terbaik juga dilombakan dalam event ini.

Salahsatu produk kerajinan kontemporer yang ditampilkan dalam ICE 2017 di Kota Malang

So, tak ada salahnya mengajak pacar, sahabat, atau anggota keluarga anda menikmati akhir pekan di Indonesia City Expo yang tinggal 2 hari saja. Berswafoto? Jangan kuatir! Banyak sudut-sudut menarik di arena ini yang bisa dijadikan photoboth, dan tentu instagramable!. Dan yang terpenting, bisa jadi momentum istimewa tersebut semakin membuka cakrawala kita. Bahwa Indonesia benar-benar kaya, bahwa nusantara kita sungguh luar biasa! Selamat berpetualang budaya di ICE 2017! (mazipiend|kelkiduldalem).

 


Jadwal Panggung Seni Budaya ICE 2017:
SABTU, 22 Juli 2017, pk. 15.00 – 19.30 wib :

  • Pagelaran Seni Budaya Kota Bengkulu, Kota Batu, dan Kota Blitar

MINGGU, 23 Juli 2017, pk. 15.00 – 15.30 wib :

  • Pagelaran Seni Budaya Kota NTB, (11.00 – 11.30)
  • Pagelaran Seni Budaya Kota Malang, (15.00 – 15.30)
  • Pengumuman Anjungan Terbaik & Penutupan ICE 2017 (16.00 – 17.00)