«

»

Agu 01 2017

Inilah Rute Kirap Piala Adipura Kencana 2017 di Kota Malang

Walikota Moch. Anton, Wawali Drs. Sutiaji, beserta Ketua DPRD dan anggotanya saat Kirap Adipura 2015 lalu (malangkota.go.id)

Sebagaimana diberitakan media ini, untuk kesekian kalinya penghargaan nasional di bidang kebersihan, yaitu Adipura Kencana, tahun ini kembali diraih Kota Malang. Melengkapi penghargaan tertinggi bidang kebersihan tersebut, melalui SMP Negeri 15, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 7 Malang, kota pendidikan ini juga berhasil menyabet penghargaan Adiwiyata Mandiri. Penghargaan yang tak kalah prestise di bidang pengelolaan lingkungan sekolah, yang hijau dan sehat. Baca juga :

Kota Malang Dipastikan Raih Penghargaan Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri

Saat ini bukan hal yang mudah untuk meraih piala Adipura. Pasalnya, sejak tahun lalu persyaratan untuk memperoleh predikat tersebut memang lebih ketat daripada sebelumnya. Hal ini terkait dengan upaya peningkatan dampak positif dari program Adipura tersebut melalui Rebranding Strategy Adipura. 

Regulasi terkait hal itu adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.53/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/ 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adipura. Harapannya, program Adipura benar-benar mampu mendorong penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup kekinian yang semakin kompleks ini.

Terlepas dari makin ketatnya persyaratan untuk meraih Adipura Kencana tersebut, Kota Malang tetap mampu meraih kembali prestasi membanggakan itu. Walikota Malang, Moch. Anton, bersama kepala daerah pemenang lainnya direncanakan akan menerima penghargaan tersebut langsung dari Presiden Joko Widodo pada Rabu (02/08), di Plaza Ir. Soedjono Soerjo Manggala Wanabakti, Jakarta.

Esoknya, Kamis (03/08) upacara penyambutan dan kirap Piala Adipura Kencana telah dipersiapkan oleh Disbudpar bersama instansi terkait. Rute yang telah direncanakan adalah: start di Wisma Walikota Malang, Jl. Ijen No. 2 bergerak ke utara hingga belok di pertigaan Kantor Perpustakaan dan Arsip. Melintasi Jl. Semeru hingga perempatan Rajabali, dan menyusuri Jl. Majapahit hingga finish di Balaikota Malang, Jl. Tugu.

Setidaknya perwakilan masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) akan dikerahkan untuk mengarak piala-piala tersebut. “Piala adipura akan diarak dengan kereta kencana, (sementara) Lurah – Camat akan naik becak“, ujar Camat Klojen, Drs. Agus Subali saat menginformasikan rencana tersebut pada Apel Rutin ASN Kec. Klojen Selasa (01/08) pagi ini.

Rencananya Kirap Piala Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri tersebut akan digelar mulai pk. 13.00 wib. hingga 17.00 wib. Pengalihan arus lalu lintas pasti akan diterapkan di jalur-jalur yang menjadi rute kirap. Jadi, bagi pengguna jalan yang akan melintasi rute yang tak terlalu jauh itu, ada baiknya mulai memikirkan jalan-jalan alternatif lainnya. Atau justru mengalihkan rencana dan menghentikan perjalanan untuk melihat kirap piala-piala istimewa tersebut, kenapa tidak?.(mazipiend|kelkiduldalem)