«

»

Agu 03 2017

Edukasi dan Pelayanan Ibu Hamil oleh BPJS Kesehatan di Kec. Klojen

dr. Putra Husada, Sp.OG, saat menjadi narasumber dalam kegiatan edukasi dan pelayanan ibu hamil oleh BPJS Kesehatan Cab. Malang di Kantor Kecamatan Klojen hari ini (03/08).

Pagi ini (03/08), kantor Kecamata Klojen “diserbu” ibu-ibu hamil. Bukan untuk berdemo atau hendak mengurus administrasi kependudukan, melainkan mengikuti penyuluhan yang digelar oleh BPJS Kesehatan Cab. Malang. Ibu-ibu hamil tersebut akan mendapatkan tambahan pengetahuan sekaligus kekuatan psikologis sebagai bekal persiapan persalinannya kelak.

Tak kurang dari 50 orang ibu hamil dari perwakilan 11 kelurahan hadir dalam kegiatan yang dikemas melalui Program Pengolahan Ibu Hamil BPJS Kesehatan itu. Kegiatan utama dari program tersebut adalah Edukasi dan Pelayanan Ibu Hamil serta Pemberian Nutrisi, seperti halnya yang sedang dilaksanakan di Kantor Kec. Klojen hari ini

“Saat ini problematika nasional terkait masalah ibu hamil masih terjadi, yaitu kematian bayi dan ibu hamil (saat proses persalinan) yang masih tinggi. Sehingga dengan kegiatan ini ibu-ibu akan mendapatkan pencerahan, untuk meningkatkan kualitas kehamilannya“, ujar Drs. Ahmad Mabrur, M.Si dalam sambutannya di hadapan peserta kegiatan itu. Sekcam Klojen tersebut didapuk mewakili Pak Camat yang pada saat bersamaan sedang ada kegiatan di Kel. Bandungrejosari.

Sementara itu, dr. Putra Husada, Sp. OG, narasumber kegiatan tersebut dalam paparannya menuturkan tentang pentingnya penyiapan proses persalinan. Sehingga tak hanya kelahirannya saja yang sukses namun juga melahirkan bayi yang sehat dan cerdas. Dokter muda yang berpraktek di RS. Melati Husada itu juga menekankan perhatian terhadap asupan bagi ibu hamil.

Kalsium dan zat besi diperlukan untuk pembentukan tulang. Kandungan zat tersebut banyak terdapat pada sayur dan buah. Tapi tetap harus selektif. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi anggur, karena mengandung alkohol“, ujar dr. Putra Husada dengan sabar dan ramah.

Kegiatan penyuluhan hari ini merupakan kegiatan kali kedua yang telah digelar. Sebelumnya, pada bulan Juli lalu juga telah dilaksanakan acara serupa di tempat yang sama. Direncanakan rangkaian kegiatan sejenis akan berlangsung 3 kali lagi hingga bulan Nopember nanti.

Bahkan bulan September atau November nanti juga akan kita adakan pemeriksaan USG gratis“, ujar Putra Wiranjaya, salah satu tim dari BPJS Kesehatan Cab. Malang kepada media ini disela-sela kegiatan.

Pemeriksaan melalui USG (Ultrasonography) adalah salah satu metode diagnosis kandungan melalui pencitraan ultra untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan janin atau organ dalam lainnya. Melalui teknik ini akan dapat diketahui lebih dini terkait berbagai aspek kesehatan bayi yang dikandung seorang ibu, atau bahkan sang ibu itu sendiri. Sehingga tindakan-tindakan medis yang diperlukan dapat segera diberikan kepada ibu hamil, agar selanjutnya dapat menjalani proses persalinan dengan selamat.

Benarlah kata Sekcam Drs. Ahmad Mabrur, M.Si dalam sambutan pengantarnya, bahwa kehamilan adalah kenikmatan (berkah) yang luar biasa. Maka sudah semestinya jika proses kelahiran juga harus benar-benar dipersiapkan dengan luar biasa pula. Setidaknya, kegiatan di Kantor Kecamatan Klojen hari ini bagian dari upaya itu. Harapannya, akan terlahir generasi-generasi emas Indonesia dari Kecamatan Klojen, dari Kota Malang! Semoga. (mazipiend|kelkiduldalem)