NU – Muhammadiyah Kota Malang Berpadu Mendorong Terwujudnya Islam Rahmatan Lil Alamin

Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd, (kiri) Ketua Panitia Halal bi Halal NU – Muhammadiyah Kota Malang 2017

Ikhtiar luar biasa untuk memberikan teladan ukhuwah ditunjukkan oleh Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah Kota Malang. Dua ormas keagamaan terbesar di Indonesia tersebut hari ini (06/08) menggelar hajatan Halal bi Halal Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah Kota Malang. Bertempat di Graha Cakrawala UM, hajatan yang dikemas apik itu mengambil tema : Meneguhkan Ukhuwah Dalam Bingkai NKRI Demi Terwujudnya Islam Rahmatan Lil’alamin.

Sejak pk. 08.00 gelombang jamaah yang akan mengikuti kegiatan tersebut telah menyemut di sekitar pintu masuk hall di Jl. Veteran itu. Kokam dan Banser bahu membahu, bertebaran di sekitar lokasi. Pasukan doreng sipil dari dua ormas tersebut dengan ramah menyambut dan mengarahkan jamaah yang datang dari berbagai penjuru Malang raya. Jamaah ibu-ibu Muslimat, Fatayat, dan Aisiyah terlihat lebih dominan dengan seragam kebanggaan mereka.

Dibuka dengan lantunan indah surat Al Imron 102-103 dari suara merdu Ust. Syahroni dan Jamiatul Qoro’ wal Kuffat, acarapun meluncur dengan apik dihadapan sekitar 6 ribu jamaah dari NU dan Muhammadiyah Malang raya. Panggung megah pasca digunakannya tempat tersebut sebagai venue MTQ Mahasiswa ke-15, mampu membangun suasana lebih istimewa.

Lebih-lebih hajatan ini juga dihadiri orang-orang istimewa. Selain para kyai, habaib dari NU dan Muhammadiyah, para rektor, juga elemen Forpimda dan DPRD Kota Malang. Bahkan turut hadir, Saifulloh Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jatim sekaligus Waketum PB NU yang duduk berdampingan dengan H. Moh. Anton (Abah Anton), Walikota Malang, Drs. Sutiaji, Wawali dan Drs. Nurcholis Huda, M.Si, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur.

Dalam sambutan panitia, Dr. H. Moh. Sulton, Mpd, Ketua Panitia kegiatan ini menyatakan bahwa dari temanya saja kegiatan ini bukan hanya berskala lokal melainkan juga nasional. “Insyaalloh Islam rahmatan lil a’lamin benar-benar terwujud di bumi Indonesia. Diawali dari Kota Malang, melalui NU dan Muhammadiyah ukhuwah akan mendorong wajah Islam yang rahmatan lil a’lamin“, tutur panitia dari unsur NU yang juga Ketua LPP Maarif Kota Malang tersebut dalam laporannya.

Selamat Kota Malang, dengan NU dan Muhammadiyah-nya yang istiqomah mengusung wajah Islam yang membawa rahmat bagi segenap alam.(mazipiend|kelkiduldalem)