Semarak 72 Tahun Kemerdekaan RI Tahun 2017 di Wilayah Kel. Kidul Dalem

Sambutan Achmad Lestari, Ketua RW. 02 Kel. Kidul Dalem saat menyambut kedatangan peserta jalan santai HUT Kemerdekaan RI Ke-72 Tahun 2017 (20/08)


Puncak semarak peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 tahun ini di beberapa RW. wilayah Kelurahan Kidul Dalem terlaksana pada hari ini, Minggu (20/08). Setidaknya hal itu terjadi di RW. 02, RW. 05 dan RW. 06 yang pagi ini menggelar gerak jalan dengan melibatkan ratusan warga masing-masing.

Bazar PKK RW. 02 yang sebagian besar menyajikan makanan dan kuliner menjadi jujugan peserta yang berpeluh usai jalan santai

Di RW. 02 Gerak Jalan diikuti sekitar 500 peserta, mulai dari balita, anak-anak hingga manula. “Alhamdulillah, warga RW. 02 kompak (banyak yang berpartisipasi)“, ujar Pak Kabul, Ketua RW. 02 bangga. “Harapannya melalui gebyar ini, tetap menjaga persatuan diantara warga. Awal dari kemajuan bangsa diawali dari skup kecil“, tambah pria bernama lengkap Achmad Lestari tersebut mantap.

Para peserta tersebut melewati rute-rute yang telah ditentukam. Mulai start di Jl. MGR. Sugiopranoto (depan Kel Kidul Dalem), melintasi Jl. Merdeka Timur, belok ke Jl. Agus Salim, hingga berturut-turut melewati Jl. KH. Zainul Arifin, Jl. Aries Munandar, Jl. Embong Brantas, Jl. Gajah Mada, Jl. Mojopahit, Jl. Gereja dan finish di depan kantor Kel. Kidul Dalem.

Hadiah-hadiah yang lumayan besar hasil donatur dan swadaya warga (20/08)

Di titik terakhir tersebut sebuah panggung dengan dekorasi khas merah putih telah berdiri. Juga stand aneka kuliner dari bazar PKK RW berjajar di samping panggung, menyambut para peserta yang sebagian memang terlihat butuh asupan. Meski beberapa tampak ngos-ngosan, sebagian besar dari mereka memasuki titik finish dengan muka-muka yang ceria.

Maklum saja, hadiah-hadiah lumayan besar menanti mereka. Kulkas, TV LCD, kompor gas, Magic Jar, blender, dan aneka perlengkapan electronik terlihat menarik di ujung panggung. Bersama puluhan hadiah hiburan berupa peralatan rumah tangga lainnya.

Penampilan modern dance yang unik mampu menghibur peserta disela-sela undian pembagian hadiah

Dari atas panggung para peserta juga dihibur suara merdu biduanita lokal dengan dangdut koplonya. Penampilan tari, puisi, musik akustik atau dance performance juga ditampilkan oleh anak-anak dan muda-mudi setempat. Semua perform tersebut melengkapi kesemarakkan disela-sela undian pembagian hadiah dari panggung di tikungan jalan tersebut. Lalu lintas di hari libur itu juga tak terlalu padat, sehingga tak begitu menganggu arus kendaraan satu arah di Jl. MGR. Sugiopranoto.

Sementara itu di dua RW seberang Sungai Brantas juga menggelar kegiatan gerak jalan warga, yakni RW. 05 dan RW. 06. Gerak jalan di RW. 06 menurut Arif Furqon, Ketua RW setempat, juga melewati rute yang tak terlalu panjang.

Di RW. 06, Jalan Santai juga diikuti peserta dari berbagai lapisan warga

Depan hotel Aloha (Jl. Gajahmada)… Balaikota (Jl. Tugu)… Jl. Mojopahit… alun-alun (Jl. Merdeka) … Malang plaza (Jl. K.H. Agus Salim)… Boldi (Jl. Gatot Subroto)… Jembatan Buk Gludug dan kembali ke RW. 06“, tuturnya. Sebuah panggung minimalis didirikan di depan mulut gang RW. di atas bantaran Sungai Brantas itu. Meski tak semeriah di RW. 02, semangat dan antusias warga memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-72 itu tetap terasa.

Dirgahayu 72 tahun Indonesiaku. Kompak dan Kerja Bersama menuju masyarakat Kidul Dalem yang sejahtera. Semoga! (mazipiend|kelkiduldalem)