↑ Kembali ke Profil UMKM

Sandal Spons P. Rochim

Produk Asli Kidul Dalem !

 

Portrait of a young attractive business woman.Adalah bapak Muhammad Rochim, salah seorang warga Kel. Kidul Dalem yang sejak 4 tahun lalu mencoba peruntungan dengan banting stir untuk menjadi seorang wirausahawan. Setelah puluhan tahun menjadi karyawan di sebuah perusahaan sepatu dan sandal milik seorang Tonghoa di daerah Kasin, akhirnya ia memutuskan berhenti dan memberanikan diri untuk memulai usaha sendiri pada sekitar tahun 2011 lalu. Usaha yang dirintisnya tersebut juga masih berkutat dengan urusan alas kaki, yaitu sandal spons. Lelaki 60-an tahun yang juga sebagai Ketua RT. 06 itu kini lebih mandiri dalam mengepulkan asap dapur keluarga dan lebih leluasa untuk berkarya.

p rochimDengan dibantu dua orang putra sulungnya, ayah dari 12 putra tersebut saat ini setidaknya mampu memproduksi 20-an pasang sandal setiap hari. Dari bengkel kerja di lantai 2 rumahnya di wilayah RW. 03 itu, Pak Rochim bersama anak-anaknya tekun membuat ratusan pasang sandal untuk dikirim ke pedagang ataupun pemasar di daerah Bunul dan Dinoyo. Setidaknya, kepada buyer-buyer besar itulah sasaran pemasaran produknya saat ini. Ia belum terlalu serius memikirkan untuk secara mandiri memperluas daerah pengiriman produknya ke daerah atau kota lainnya. Padahal, menurut pengakuannya sandal-sandal buatannya itu kini telah tersebar ke berbagai daerah. Setidaknya yang ia tahu sandal produknya itu sudah merambah Jakarta, Surabaya dan Bali.

Dengan polos ia juga menyatakan bahwa produk sandalnya memang belum punya nama ataupun merk dagang. Selama ini yang memberi merk dan melabeli produknya adalah pihak pemasar besar lainnya. Merekalah yang sekaligus mendistribusikan produknya itu ke berbagai daerah lainnya. Dan, agaknya bagi seorang Pak Rochim hal tersebut tidak terlalu merisaukan dirinya. Baginya yang terpenting saat ini adalah bahwa ia harus terus berproduksi, segera mengirimkannya ke pemasar agar modal cepat kembali untuk digunakan lagi berproduksi. Menurutnya, itu lebih mendasar dari pada meribetkan karyanya yang dilabeli pihak lain. Tidak terlalu urgen baginya sebuah merk, branding apalagi hak paten sepanjang arus modalnya lancar mengalir. Permodalan dan entrepreneurship agaknya benar-benar masih menjadi masalah klasik bagi para perintis UKM tradisional sproduksieperti Pak Rochim ini. Itu belum termasuk aspek manajemen maupun branding yang pasti akan membikin kepala orang-orang seperti Pak Rochim berdenyut kencang.

Kembali ke benang merah!; Sandal-sandal spons produksi Pak Rochim ia bandrol dengan harga Rp. 25.000,- perpasang. Ada dua macam variasi dekoratif yang ia tawarkan; dengan variasi sulaman ataupun variasi bordiran. Keduanya memiliki harga jual yang juga sama. Pemesanan besar biasanya dilakukan dalam hitungan kodi-an. Pembelian eceranpun biasanya ia layani di rumahnya.

Menurut Pak Rochim peluang pasar/ market share untuk sandal-sandal produksinya masih cukup terbuka, karena kompetitor untuk sandal sejenis masih cukup moderat. ”Kebanyakan yang beredar di pasaran adalah tipe-tipe sandal kulit, kalaupun ada sandal spons modelnya tidak seperti buatan saya!” ujar Pak Rochim mantap meyakinkan. Selain itu, salah satu faktor yang membuatnya nyaman di bisnis ini adalah ketersediaan bahan-bahan produksi yang relatif mudah untuk diperoleh. Suplier bahan-bahan spons untuk jenis sandalnya produkbanyak tersedia di Kota Malang. “Bahkan kalau pengen yang lebih murah, bisa diperoleh di daerah Singosari. Hanya membawanya yang agak ribet kalau dengan motor”, sambungnya.

Di usia senjanya itu Pak Rochim masih sangat optimis dengan usaha rumahannya (home industry) ini. Ceruk-ceruk pasarnya dirasa masih cukup lebar. Bahkan ia bertutur bahwa pasar sandal produksinya ini cukup prospektif di Jakarta. Ia pernah menerima permintaan hingga 5000 pasang sandal untuk dikirim ke ibukota itu, sayangnya ia belum mampu memenuhi permintaan-permintaan yang baginya terlalu jumbo itu. Alat-alat produksi yang masih manual, membuatnya kesulitan untuk memenuhi order dalam jumlah besar dan waktu yang relatif terbatas. Meski begitu, ia cukup tertarik dan antusias ketika media ini menawarkan untuk mempromosikan produknya melalui dunia maya dengan dimuat di portal ini.

So, anda tertarik untuk membeli produk salahsatu UKM ini? Atau pengen ikut memasarkan sandal spons asli Ngalam tersebut? Hubungi langsung ke sumbernya melalui kontak UKM di bawah ini. (mazipiend|kelkidal)

identitas