Albanjari Zahrotul Kautsar, Kelompok Seni PKK Kidul Dalem yang Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

CaptureWarga Kelurahan Kidul Dalem layak berbangga, khususnya ibu-ibu dan para Kader PKK. Salah satu unit kegiatan mereka di bidang seni yaitu kelompok musik Albanjari yang bernama Zahrotul Kautsar mendapatkan kehormatan untuk menjadi salah satu pengisi acara pada kegiatan PKK Kota Malang bertajuk Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-43, Hari Kartini Ke-136 Dan HUT Ke-101 Kota Malang, yang digelar pada hari Kamis (30/04/2015).

Setelah beberapa waktu sebelumnya kelompok musik Islami yang beranggotakan sekitar 15 orang kader PKK RW. 06 itu berhasil memperoleh penghargaan sebagai juara I dalam lomba seni yang diadakan oleh PKK Kota Malang bekerjasama dengan Radar Malang/ Jawa Pos, kali ini mereka mendapat kepercayaan untuk tampil sebagai pembuka acara dalam kegiatan yang dihelat di Akasia Ballroom, Lt. 5 Hotel Savana di Jl. Letjend. Sutoyo itu.  

Tepat pukul 09.00 wib. hajatan 3 peringatan yang dikemas dalam satu momentum itu mulai dibuka oleh pemandu acara. Tak lama berselang sekelompok ibu-ibu berkerudung dan berseragam batik hijau gelap satu persatu memasuki stage. Beberapa diantaranya membawa rebana, perkusi dan tifa. Merekalah kelompok musik Albanjari Zahrotul Kautsar yang akan perform pada kegiatan tersebut. Tampil sekitar 15 menit, kader-kader PKK kebanggaan Kidul Dalem itu setidaknya membawakan 5 lagu. Kekompakkan mereka banar-benar menarik perhatian. Merekapun mendapatkan aplaus dari para undangan yang sudah mulai memenuhi venue kegiatan. Hall berkapasitas 400-an tempat duduk yang saat itu disetting dalam dua bagian itupun sontak terasa makin hidup. Di bagian depan, beberapa pejabat dan pimpinan SKPD yang mengelompok dalam beberapa roundtable terlihat antusias menikmati alunan musik dari ibu-ibu PKK tersebut. Sementara di barisan belakang, ratusan ibu-ibu lain yang berseragam hijau tua khas kader PKK duduk berjajar dan tampak sumringah.

Capture2Dari 5 lagu yang dibawakan oleh kelompok seni yang bermarkas di Jl. Embong Brantas tersebut, memang sangat terlihat soliditas dan kekompakkan mereka. Tak terlihat canggung apalagi demam panggung. Bahkan kader-kader PKK militan tersebut tampak enjoy ditatap ratusan pasang mata. Tak kurang Lurah Kidul Dalem Bpk. Dedy Tri Wahyudi, S.P., S.TP. yang juga hadir dalam acara tersebut melontarkan sanjungannya. ”Sebagai pribadi maupun selaku pimpinan wilayah saya merasa bangga. Ini adalah bentuk apresiasi dari kota. Walaupun tinggal di daerah DAS Brantas dengan segala kondisinya, mereka masih memiliki apresiasi seni dan mampu mewujudkannya sebagai sebuah prestasi!”, puji beliau dengan bangga. ”Semoga prestasi seperti ini menular juga ke RW.-RW. yang lain meski dalam bentuk yang berbeda!”, sambung beliau seraya berharap.

Dalam kegiatan tersebut salah satu kader PKK Kelurahan Kidul Dalem lainnya yang bernama ibu Jumiatin Ali juga mendapatkan penghargaan. Kiprah dan pengabdian warga RW 2 itu sebagai anggota dan kader PKK selama lebih dari 15 tahun, mendapatkan apresiasi dari PKK Kota Malang. Hal tersebut tentu saja membuatnya bangga. Penghargaan itu diharapkan mampu menjadi inspirasi dan pelecut bagi kader-kader PKK yang lain untuk terus berkontribusi menuju keluarga yang sejahtera. Sebagaimana tema dalam kegiatan tersebut: “Dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-43 Kita Satukan Langkah Nyata Dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Indonesia Yang Lebih Sejahtera”. Semoga! (mazipiend|kelkidal)