Cerita “Tas Kresek” Dibalik Penilaian Otonomi Award Lurah-Camat 2016 di Kelurahan Kidul Dalem


Penilaian Otonomi Award Lurah-Camat 2016 Kota Malang di Kelurahan Kidul Dalem pada Selasa (01/03/16) kemarin, tak hanya meninggalkan catatan kinerja kelurahan dan para stakeholder, namun juga memunculkan potensi-potensi baru UMKM di wilayah multietnis ini. Salah satunya di bidang ekonomi kreatif khususnya industri rumahan (home industry) berupa kerajinan tas dan dompet unik berbahan kantong plastik.

Karya inovatif dan cerdas ini terlahir dari tangan trampil warga RW. 03 bernama Nur Handasah. Limbah kantong plastik yang biasa disebut tas kresek itu, di tangan wanita ulet ini berubah menjadi tas atau dompet wanita yang cantik dan exclusif. Orang tak akan mengira bahwa tas dan dompet dengan warna-warna yang khas itu berasal dari kantong plastik berjenis HDPE tersebut, bila tak menyentuh atau merasakan teksturnya.

Limbah-limbah kresek tersebut dipotong-potong sedemikian rupa, dipilin, dirajut, dijahit. Dan, jadilah sebuah tas atau dompet nan cantik dan berguna sebagai asesories wajib para wanita itu. Dengan perpaduan dan kombinasi warna khas “tas kresek” plus tambahan tali rantai berwarna emas, jadilah limbah kantong plastik bekas tersebut bernilai ekonomis tinggi.

Tas Cantik Linbah Kantong Plastik

Tanpa memegang dan merasakan teksturnya, anda tak akan percaya bahwa tas dan dompet cantik ini berbahan “tas kresek”; Karya kreatif, inovatif & solutif


yang berwarna merah ini…. seratus ribu…”, ujar Bu Handasah malu-malu seraya menunjuk sebuah tas anggun berdimensi sekitar 30x45x5 cm dengan tali logam agak panjang. “Tapi ini dari kantong plastik baru lho. Bisa sih kresek bekas tapi harus benar-benar bersih dan tak berbau” ujarnya menimpali saat seorang staf kelurahan menyemangati beliau untuk lebih percaya diri menghargai karya kreatifnya itu.

Di tengah isu pembatasan dan pengendalian limbah plastik melalui uji coba penggunaan kantong plastik berbayar, upaya kreatif ibu beralamat di Jl. Aries Munandar II/ 908 itu benar-benar langkah cerdas, solutif yang layak diacungi jempol. Selain berdaya jual karena bernilai ekonomis, kreativitasnya juga berpotensi besar bagi upaya pemberdayaan wanita. Dan tentu, tawaran solusi alternatif bagi pengendalian limbah plastik yang memang sulit terurai dan sangat mengganggu lingkungan. Tertarik dengan karya atau ide kreatifnya, inilah nomor kontak ibu ramah tersebut; 0823377307997!(mazipiend|kelkidal)