Mbois Ilakes, Inilah Logo HUT Ke-103 Kota Malang

Logo HUT Ke- 103 Kota Malang Tahun 2017


Menjelang hari jadinya pada 1 April nanti sebagaimana tahun-tahun sebelumnya Pemkot Malang kembali meluncurkan logo HUT Kota Malang. Berbeda dengan logo tiga tahun terakhir yang terkesan monoton, logo HUT ke-103 kali ini terkesan lebih segar, energik dan lebih artistik!.

Didominasi warna hijau, logo HUT berbentuk lingkaran tersebut menampilkan maskot anyar kota Arema ini. Maskot berupa dwi fauna iconik Kota Ngalam, Singa dan Burung Manyar bernama Osi dan Ji yang dilaunching pada Desember tahun lalu itu memperkuat kesan energik. Teks “Kota Malang” yang melingkar mengikuti line out bagian atas juga mengurangi kesan kaku dan formal. Termasuk tulisan “103 th” berwarna orange yang hampir memenuhi space bagian bawah, berhasil terlihat menonjol tanpa mengurangi kesan artistik. Lebih-lebih barisan font warna putih  “1 APRIL 1914 – 1 APRIL 2017” diatas banner coklat di bawahnya juga memperkuat kesan tersebut.

Tak salah jika beberapa kera Ngalam (arek Malang) mengajungkan jempolnya dan berujar “Mbois ilakes!”, ketika ditunjukkan logo HUT terbaru tersebut dan perbedaannya dengan logo-logo HUT Kota Malang sebelumnya, setidaknya dalam empat tahun terakhir seperti di bawah ini: .

Transformasi Logo HUT Kota Malang 4 tahun terakhir (sumber: timesindonesia.co.id, edisi 01/04/2016)

Transformasi ilustrasi logo HUT Kota Malang tersebut, selain ingin semakin meneguhkan karekater Kota Malang yang enerjik dan dinamis dalam segala zaman, tampaknya juga menjawab kritikan sejumlah pihak khususnya netizen yang menganggap logo HUT Kota Malang selama 3 tahun terakhir kurang kreatif dan ketinggalan jaman.

Di era tsunami informasi digital seperti saat ini, aspirasi dan suara-suara kepedulian warga kota dalam berbagai aspek memang lebih mudah diaktualisasikan. Termasuk untuk urusan yang mungkin oleh sebagian kalangan warga lainnya adalah hal yang sepele: sebuah LOGO!. Tapi logo adalah refleksi identitas, kebanggaan, keinginan, cita-cita, visi- misi, bahkan lebih luas lagi: kebudayaan dan peradapan.

Dan, Pemkot Malang kini telah merespon positif suara-suara tersebut. Selamat Ultah kotaku! bersama Osi & Ji kera-kera Ngalam akan membuatmu sebagai kota yang semakin kreatif. (mazipiend|kel.kidal).


please, share its by :

facebook twitter

Baca juga:

Singa dan Burung Manyar Maskot Resmi Kota Malang, Inilah Penjelasannya