«

»

Sep 09 2015

Agar Layanan Optimal, Staf Kelurahan dan Kecamatan Digambleng di Kampus Elang STIKI

Pembukaan pelatihan komputer


Sejak Selasa (08/09) hingga Kamis esok, sejumlah staf kecamatan dan kelurahan digambleng penguasaan komputer dan TI di kampus STIKI, Jl. Tidar No. 100 Kota Malang. Perguruan tinggi anggota APTIKOM berjuluk Kampus Elang itu menjadi partner Bagian Pemerintahan Setda Kota Malang untuk menggelar kegiatan “Pelatihan Komputer Staf Kecamatan Dan Kelurahan se-Kota Malang”.

Salah satu faktor lambannya layanan birokrasi adalah lemahnya SDM atau aparaturnya dalam penguasaan teknologi, khususnya yang mendukung kinerja mereka. Untuk itulah Pemkot Malang terus berupaya meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan dalam hal penguasaan teknologi dalam rangka memberikan layanan yang optimal”, urai Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Malang, Drs. Abd. Malik M.Pd., dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan tersebut.


Dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 hari sejak pk. 08.30 wib. hingga pk. 15.00 wib. itu, sekitar 60-an peserta mendapat materi penguatan pemanfaatan Aplikasi Perkantoran (Ms. Office) serta pemanfaatan internet bagi peningkatan kinerja mereka. Dalam kesempatan itu istilah browsing, e-mail, download menjadi semakin familier bagi para abdi negara yang selama ini dianggap gaptek tersebut.

Tidak terlalu berlebihan jika Pemkot kemudian menggelar kegiatan ini. Pantauan media ini selama dua hari, sebagian besar peserta memang masih banyak yang belum paham dengan tool-tool dasar pada aplikasi perkantoran paling populer tersebut.

IMG20150908092819Namun, antusiasme dan semangat dari peserta yang kebanyakan memang sudah tidak muda lagi itu, jelas terpancar di sepanjang sesi.

Yang jelas sangat membantu tugas teman-teman yang ada di kelurahan, dimana hampir setiap waktu kini pekerjaan harus serba terkomputerisasi”, ujar Sugeng Suprianto, salah satu peserta dari Kelurahan Mergosono saat dikonfirmasi kesannya tentang kegiatan ini.

Agaknya upaya-upaya semacam ini memang dibutuhkan untuk mendongkrak peningkatan SDM aparatur. Sehingga pada gilirannya, bolehlah kita berharap bahwa kelurahan dan kecamatan sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat benar-benar mampu menghadirkan layanan yang optimal.(mazipiend|kelkidal)