Puskesmas Arjuno Beri Penyuluhan Ibu Hamil di Kelurahan Kidul Dalem

penyuluhan ibu hamil

Kasi Kesmas, Ibu Rini Herawati memberikan pengantar dalam kegiatan penyuluhan di Kelurahan Kidul Dalem


Dalam rangka menekan angka kematian ibu dan bayi saat proses kelahiran, Puskesmas Arjuno Jum’at (04/09) kemarin menurunkan 2 orang bidannya di Kelurahan Kidul Dalem untuk memberikan penyuluhan dan Pelatihan Senam Ibu Hamil.

Bekerja sama dengan Seksi Kesmas Kel. Kidul Dalem kegiatan yang diikuti oleh 16 orang ibu hamil itu dilaksanakan di Aula kantor kelurahan dan berlangsung sejak pk. 09.00 wib hingga sekitar pk. 12.00 wib.

Sebenarnya yang diundang ada sekitar 20-an ibu hamil (se-Kidul Dalem,red), tapi yang datang sekitar separohnya. Ngak masalah, yang penting ibu-ibu tadi seneng dan memang bermanfaat”, ujar Kasi Kesmas Kel. Kidul Dalem, Ibu Rini Herawati.

penyuluhan kehamilan

Salahsatu instruktur tengah memberikan penyuluhan melalui media peraga

Kegiatan penyuluhan diawali dengan materi terkait tahap-tahap kehamilan dan proses persalinannya, termasuk persiapan mental/psikologis maupun teknis yang harus dilakukan seorang ibu menjelang proses persalinan. Melalui sebuah alat peraga berbentuk lembar-lembar seperti kalender bergambar, bidan muda berjilbab itupun menjelaskan materi-materi tersebut dengan lugas.

Materi selanjutnya adalah pelatihan dan praktik Senam Ibu Hamil yang merupakan bagian penting dari rangkaian persiapan menuju proses kelahiran normal (tanpa operasi) yang diharapkan setiap ibu hamil.

Praktik Senam Ibu Hamil tersebut diperagakan oleh Bidan Esti Ardiana W. Bidan muda yang berdinas di puskesmas Jl. Simpang Arjuno No. 17 Kec. Klojen itupun juga dengan sabar membimbing para peserta bagaimana melakukan aktivitas senam hamil secara sehat dan aman, yang kelak akan sangat membantu bagi ibu-ibu muda tersebut dalam proses persalinan mereka.

Ibu-ibu muda yang sebagian besar mengandung anak pertama itupun manggut-manggut dan menyimak penjelasan sang instruktur dengan serius. 

Sangat bermanfaat sekali, apalagi ternyata banyak temen lain yang (sebelumnya,red) juga agak galau”, ujar Ira (24 th) salah satu peserta saat dikonfirmasi usai kegiatan. Salah satu warga RW. 06 itu mengaku tengah mengandung anak ke-2nya.

Diakhir kegiatan itu para peserta mendapat satu paket bingkisan berupa vitamin dan susu untuk ibu hamil. Bahkan beberapa diantara mereka yang beruntung juga membawa pulang doorprize dari penyelenggara. (mazipiend|kelkiduldalem)