KAJIAN ISLAM DAN PONDOK RAMADHAN DI MASJID JAMI’ MALANG

Masjid Jami' Malang


Di hari ke-3 bulan suci Ramadhan ini, aktifitas religius muslim warga kota makin menggeliat. Setidaknya hal itu terlihat di Masjid Jami’ Kota Malang. Sebagaimana Senin (22/06) siang itu, ratusan jama’ah terlihat meramaikan sholat Dhuhur berjama’ah yang memang senantiasa dilaksanakan rutin di masjid yang berhadapan dengan Alun-alun Malang itu. Jika hari-hari biasa sholat Dhuhur atau Ashar berjama’ah diikuti tak lebih antara 3-4 shaf, di bulan Ramadhan ini jumlahnya berlipat hingga lebih dari 10 shaf. Tak ayal separoh tempat sholat di bangunan utama masjid itu dipenuhi oleh para jama’ah. Itupun dari tempat sholat khusus jama’ah laki-laki saja, di tempat jama’ah untuk perempuan bisa jadi dua kalinya.

Jamaah Masjid JamiSebagaimana di bulan-bulan Ramadhan sebelumnya, selama sebulan penuh di masjid yang berdiri sejak tahun 1875 itu juga menggelar beberapa ritual dan kajian-kajian keagamaan dalam rangka memuliakan bulan penuh berkah ini. Selain Sholat Tarawih dan Witir, Takmir masjid juga menggelar Pengajian Manasik Haji, Kuliah Subuh, Kuliah Menjelang Berbuka, Buka Bersama maupun Pondok Ramadhan bagi pelajar dan mahasiswa. Kegiatan tersebut terbuka untuk umum dan semua kalangan masyarakat Islam Kota Malang.

Seperti halnya di hari Senin itu, tak kurang dari 750 siswa/siswa kelas X dan XI SMK Negeri 3 Malang turut meramaikan masjid dan berbaur dengan jama’ah lainnya untuk melaksanakan sholat Dhuhur berjama’ah. Selama dua hari ini mereka akan melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan di masjid unik berarsitektur Jawa-Arab ini. Para pelajar muslim tersebut melakukan kajian-kajian Islami sejak pk. 07.00 hingga ba’da Dhuhur, dengan Materi maupun Pemateri yang telah disiapkan oleh Takmir masjid tersebut.

Siswa Pondok RamadhanIlham (siswa Kls XI) salah seorang peserta laki-laki kegiatan Pondok Ramadhan tersebut menuturkan bahwa salah satu materi di hari pertama Pondok Ramadhan sekolah kejuruan yang ada di Jl. Surabaya itu adalah Aqidah Bertaharah. Materi tentang tata cara bersuci dan menghilangkan hadast tersebut disampaikan melalui big screen dari LCD Projector yang ada di masjid kebanggaan warga Malang tersebut.

Itulah cuilan kecil geliat kesemarakan diantara gebyar syiar Islam Masjid Jami’ di bulan suci benuh berkah ini. Marhaban Ramadhan Mubarak! (mazipiend|kelkidal)


share its with :

facebook twitter