Dua Idul Adha Berbeda Yang Biasa

Masjid Jami' Kota Malang

Masjid Jami’ dan hamparan Alun-alun Malang siap menampung jutaan muslim untuk sholat Id pada Kamis (24/09) nanti


Sebagaimana diberitakan, Kementrian Agama Republik Indonesia melalui sidang itsbat tanggal 13 September 2015, telah menetapkan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada Selasa, 15 September 2015. Sehingga, hari Raya Idul Adha 1436 H pada 10 Dzulhijjah bertepatan pada Kamis 24 September 2015.

Melalui running teks di beberapa televisi juga didapati bahwa pada hari yang sama (13/9/2015) Pemerintah Arab Saudi juga telah mengumumkan bahwa Idul Adha 1436 H jatuh pada hari Kamis 24 September.

Sementara itu, Muhammadiyah melalui Sekretaris Umum (Sekum) Abdul Mu’ti jauh-jauh hari telah mengeluarkan maklumat bahwa Idul Adha 1436 Hijriah akan jatuh pada tanggal 23 September 2015.

Untuk kesekian kalinya, akan ada perbedaan waktu hari raya atau pelaksanaan sholat Idul Adha dan ibadah qurban bagi muslim di Indonesia.

Jika Tahun lalu Muhammadiyah yang memiliki kesamaan dengan otoritas Pemerintah Arab Saudi dalam menetapkan Idul Adha dan justru Kementrian Agama RI yang saat itu berbeda. Tahun ini agaknya berlaku sebaliknya.

Fenomena keber-agama-an seperti ini seringkali terjadi di negara muslim terbesar ini. Untungnya umat Islam Indonesia telah dewasa. Bahkan dalam menyikapi berbedaan pelaksanaan ibadah yang tergolong sensitive tersebut.

Termasuk suasana ke-Islam-an muslim Malang raya yang tetap aman dan nyaman. Kehidupan ritual secara umum masyarakat muslim berjalan normal, tak terusik wacana-wacana terkait penetapan hari raya yang berbeda itu.

Para ulama dan dai di Malang raya dalam khotbah ataupun pengajiannya juga kerap menyerukan bahwa perbedaan ijtima’ tersebut seyogyanya mulai menjadi bagian dalam kehidupan beragama yang harus disikapi secara proporsional.    

Dari Masjid Jami’ Kota Malang dilaporkan, bahwa masjid terbesar di jantung kota tersebut akan melaksanakan Sholat Idul Adha pada hari Kamis, 24 September 2015. Bertindak sebagai Imam/Khotib adalah Pengasuh PP. Anwarut Tauhid Kota Batu, yaitu Habib Jamal Bin Toha Ba’agil.

Dai sekaligus Pengasuh Majlis Ta’lim Wal Maulid Ar Ridwan tersebut akan hadir memimpin sholat dan menyampaikan Khotbah Idul Adha-nya di masjid yang berhadapan dengan Alun-alun Malang itu mulai pukul 05.30 wib. Diperkirakan lebih dari 7 ribu jamaah akan memadati masjid dan jalan raya sekitar, berikut lahan sholat berumput yang ada di Alun-Alun Malang untuk mengikuti sholat Idul Adha tahun ini.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, usai sholat akan dilanjutkan dengan penyembelihan dan pembagian hewan qurban. Takmir Masjid Jami’ juga menyampaikan siap menerima hewan qurban dari segenap muslim mulai hari Senin, 21 September 2015 di Sekretariat Masjid, Jl. Merdeka Barat No. 3A Kota Malang telp. 0341-326359.(mazipiend)


share its with :

facebook twitter