Persiapan Pasukan Korpri Mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 72 Tahun 2017

Gladi bersih upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI Ke-72 tahun 2017 di halaman Balaikota Malang (15/08)


LLatihan persiapan upacara memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-72 Pemkot Malang memasuki babak akhir. Pagi ini (15/08), petugas dan peserta kegiatan upacara tahunan tersebut melaksanakan gladi bersih. Bertempat di halaman Balaikota Malang dan jalan Tugu, latihan akhir tersebut berlangsung sejak pukul 09.00 wib.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, selain pasukan TNI, POLRI, perwakilan Ormas, pelajar dan mahasiswa, peserta upacara yang diadakan setiap tanggal 17 Agustus tersebut juga diikuti oleh barisan ASN yang tergabung dalam Korpri.

Setidaknya 10 Peleton (Ton) barisan ASN Pemkot Malang telah dipersiapkan untuk mengikuti upacara menaikkan Sang Saka Merah Putih di pagi hari, maupun upacara penurunan bendera pusaka tersebut di sore hari. Sejak Rabu (09/08) lalu setiap pagi mereka telah didril dan dilatih khusus baris-berbaris oleh Tim Instruktur dari Satpol PP Kota Malang. Sebagaimana tahun sebelumnya latihan yang dikoordinasikan oleh BKD Kota Malang tersebut juga diadakan di halaman kantor pasukan sipil penegak perda itu.

Puluhan bule yang tertarik dan menyaksikan gladi bersih upacara HUT Kemerdekaan RI di halaman Balaikota dari Alun-alun Tugu hingga usai (15/08)

Dan, puncaknya hari ini adalah latihan terakhir pasukan Korpri itu. Melalui latihan gabungan atau gladi bersih bersama pasukan-pasukan lainnya di halaman Balaikota yang berhadapan dengan Alun-alun Tugu. Uniknya, serombongan wisatawan yang kebetulan sedang menikmati kehangatan taman legendaris itu, justru tertarik dengan latihan upacara tersebut. Puluhan bule itupun menyaksikan kegiatan tersebut hingga usai.

Para peserta gladi tentu saja tetap enjoy dan tak merasa terganggu dengan keberadaan bule-bule yang kerap jeprat-jepret dengan kameranya itu. Mereka harus tetap serius berlatih. Melaksanakan simulasi dan mengikuti skenario protokoler upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke- 72 tahun 2017 ini.

Harapannya, tentu saja kekhidmatan dan ketegapan pasukan Korpri dalam berbaris dan mengikuti upacara sakral tersebut tak kalah dengan pasukan TNI ataupun Polri.

Harapan sederhana yang juga tak cukup mudah untuk diwujudkan. Setidaknya perwakilan ASN dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang yang menjadi peserta upacara tersebut, harus rela berpeluh-peluh untuk berlatih.

Dan, dari kegiatan gladi hari ini, wujud dari harapan tersebut makin nyata terbaca. Semoga saja! Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72! (mazipiend|kelkiduldalem)