Regulasi & Kebijakan

PUPNS 2015; Tips Sukses e-PUPNS!

pupns sukses


Sebagaimana diketahui, di awal September ini setiap PNS diharuskan untuk melakukan pendataan ulang dan pemutakhiran data kepegawaiannya secara elektronik melalui e-PUPNS. Proses tersebut harus dilakukan para abdi negara tersebut secara online dan berbasis web melalui portal: http://pupns.bkn.go.id/.

Namun begitu sejak diluncurkannya aplikasi tersebut, keluhan tidak bisa mengakses atau lambannya loading semakin hari semakin ramai. Baik terlihat dalam ciutan di media-media sosial maupun dalam percakapan sehari-hari. PNS di Kelurahan Kidul Dalem harus berusaha berkali-kali mengakses portal resmi BKN tersebut sebelum benar-benar berhasil dan melakukan registrasi.

Sebenarnya susahnya untuk mengakses ataupun lambannya loading tersebut bukanlah sesuatu yang mengherankan. Ada sekitar 4,5 juta PNS saat ini di seluruh Indonesia, anggap saja 10%-nya yang  rame-rame mengakses alamat tersebut dalam waktu yang relatif bersamaan. Tentu beban server BKN tersebut sangat berat, sehingga para user tersebut harus bersabar bahkan bisa jadi gagal untuk mengaksesnya.

Namun begitu, beberapa tips berikut mungkin dapat membantu anda agar dapat “nylonong” mengakses portal tersebut hingga sukses melakukan e-PUPNS. Inilah tipsnya:

  • Pastikan bahwa perangkat anda dalam keadaan OK. Meski tablet ataupun smartphone juga bisa digunakan, usahakan untuk tetap memanfaatkan komputer atau laptop. Kecuali situasi memaksa anda harus menggunakan mini komputer tersebut.
  • Gunakan Jaringan internet yang super cepat. Jika anda memanfaatkan wi-fi, menggunakan sistem koneksi generasi terbaru (4G) akan membantu stabilisasi akses saat anda telah berhasil login. Banyak vendor yang menawarkan paket data internet dengan kecepatan loading yang tinggi.
  • Pilih Timing yang tepat. Saat anda berkali-kali gagal untuk login e-PUPNS, bisa jadi saat itu adalah beban server sedang klimaks. Anda harus mulai mempertimbangkan pemilihan waktu dimana diperkirakan kepadatan trafic di server BKN sudah antiklimak. Diluar jam kerja atau saat malam hari jumlah PNS yang mengakses e-PUPNS tentu tidak setinggi saat jam-jam kerja, anda bisa mencobanya saat itu.
  • Persiapkan semua berkas pendukung. Akan sangat menyebalkan jika anda sudah berhasil “masuk” dan hendak mengentry data, tiba-tiba harus terhenti gara-gara mencari dokumen terlebih dulu. Harus diingat pula, saat berhasil “masuk” dan mengentry data anda akan dibatasi “waktu tenggang” oleh sistem. Artinya jika tidak ada transaksi data selama waktu tenggang tersebut, maka akses akan terhenti dan anda diharuskan reload atau login
  • Boleh didampingi, Asal Terpercaya!. Bagi sebagian PNS kegiatan e-PUPNS ini adalah proses yang tidak mudah, rumit dan bahkan bikin stres. Meski seharusnya bersifat privat dan rahasia, namun untuk memastikan agar anda sukses melaksanakan tahapan krusial ini, anda boleh saja didampingi seseorang asal ia benar-benar terpercaya. Namun setelah anda familier dengan aplikasi e-PUPNS ini, segeralah ganti Kata Kunci (password) anda. Segalanya bisa saja terjadi, password yang terbuka tetap berpotensi dapat merugikan anda secara fatal. 

 

Tips tersebut dalam perspektif persiapan non teknis semata. Pikiran terbuka, positive thinking dan bersabar juga dibutuhkan saat anda melakukan e-PUPNS secara teknis. Semoga berhasil!(mazipiend|kelkidal)


baca juga: 

PUPNS 2015; Bagaimana melakukannya?


share its with :

facebook twitter