Pengurus Baru BKM Adil Makmur dan Tantangan Dunia Baru MEA

Rembug Warga Akhir BKM Adil Makmur Kel. Kidul Dalem

PK BKM Adil Makmur Masa Bhakti 2014-2016 saat penyampaian Laporan Pertanggungjawaban pada Rembug Warga Akhir, Minggu (10/01/16) lalu


Tahun 2016 ini, BKM Adil Makmur mengawali aktivitasnya dengan pemilihan kepengurusan baru. Bertempat di Aula Kelurahan Kidul Dalem, kegiatan yang dikemas sebagai Rembug Warga Akhir tersebut telah digelar pada Minggu pagi (10/01/2015) kemarin. Meski terlambat dari jadwal semula, kegiatan tersebut berlangsung sukses sejak dibuka pada pukul 09.45 wib hingga tengah hari.

Dari sekitar 90-an undangan yang telah disebar, tak kurang dari 60 peserta menghadiri kegiatan di hari libur itu. Pengurus RT, RW, LPMK, PKK, Babinkamtibmas, Babinsa, termasuk 2 utusan perwakilan warga dari masing-masing RT, berkumpul dan mewarnai riuh-rendahnya Aula Kelurahan Kidul Dalem pagi itu.

Kegiatan yang dipandu oleh Achmad Lestari, salah satu Pimpinan Kolektif BKM Adil Makmur sekaligus Ketua RW. 02 itu dibuka dengan laporan kegiatan dari Ketua Panitia RWA 2016, Drs. Suyadi.

“Tujuan utama dari pertemuan Rembug Warga ini adalah terealisasinya penyampaian Laporan Pertanggungjawaban PK BKM Adil Makmur 2014-2016 dan terselenggaranya Pemilihan Pimpinan Kolektif untuk periode 2016-2018”, ujar lelaki ramah yang juga Ketua RW. 03 tersebut.

Menurut Djoni Iskak sang Koordinator PK BKM Adil Makmur, Unit Pengelola Keuangan (UPK) BKM Adil Makmur saat ini setidaknya telah menyalurkan Modal Bergulir kepada sekitar 13 KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) dengan plafon antara 5 hingga10 juta.

“Palfon minimal (5 juta) biasanya untuk KSM yang baru pertama mengajukan kredit. Untuk pengajuan kredit berikutnya bisa sampai dua kali lipat jika dari evaluasi memang positif”, ujar sang koordinator yang telah menjabat 2 kali saat diwawancarai media ini.

Laporan Pertanggungjawaban PK Kolektif BKM Adil Makmur Masa Bhakti 2014-1016 dalam acara Rembuk Warga tersebut secara aklamasi diterima oleh peserta yang hadir. Termasuk regenerasi pengurus atau Pimpinan Kolektif BKM Adil Makmur Masa Bhakti 2016-1018 yang berjumlah 9 orang telah terpilih secara demokratis. Meski 5 diantaranya wajah-wajah lama dan sosok-sosok yang memang telah malang melintang di pengurusan kampung, setidaknya estafet pengabdian BKM Adil Makmur untuk warga Kidul Dalem tetap berjalan.

“Telah dua periode saya terlibat di PK BKM ini, tapi karena warga masih berkenan, saya harus menghormati dan menerima amanah tersebut”, ujar Bang Joni mantap usai acara.

Selamat bekerja kepada BKM Adil Makmur dengan pengurus barunya. Semoga lebih banyak lagi membawa kemanfaatan bagi keswadayaan warga, di tengah tantangan dunia baru MEA.


please, share its by:

facebook twitter