Menguatkan Peran Asuh Orang Tua, Kelurahan Kidul Dalem Gelar Sosialisasi Parenting

sosialisasi BKB

Novi Rus I.K., Sekretaris Pokja II PKK Kota Malang memandu peserta dalam Sosialisasi BKB di Kel. Kidul Dalem pada Rabu (17/02/2016)


Sosialisasi bertema parenting hari ini (17/02) digelar di aula Kelurahan Kidul Dalem. Sekitar 60-an peserta terdiri dari para Ketua PKK dan Kader Posyandu RW. 01 s.d. 07, Kader Pos Paud RW. 01, 02, 04,dan 05, serta Ketua Pokja II PKK Kel. Kidul Dalem, turut ambil bagian dalam kegiatan yang bertajuk Sosialisasi Bina Keluarga Sejahtera (BKB) itu.

Dimulai sekitar pukul 09.00 wib, kegiatan yang merupakan program kerja Kelurahan Kidul Dalem ini dipandu Kasi Kesmas Ibu Rini Herawati dan berlangsung dengan sangat cair. Para peserta yang sebagian besar ibu-ibu tersebut terlihat antusias mengikuti pemaparan dari 2 orang narasumber yang berkompeten hingga kegiatan ini usai.

Di sesi pertama, materi utama tentang Bina Keluarga Balita (BKB) dipaparkan oleh Novi Rus I.K., Sekretaris Pokja II PKK Kota Malang. Wanita berjilbab asli Arema itu memotivasi para peserta yang sebagian besar wanita penggiat kampung itu untuk segera menginisiasi gerakan BKB ini di wilayah Kidul Dalem.

“Ini sebenarnya kegiatan yang sudah biasa jenengan lakukan. Jika Posyandu dan Pos Paud berorientasi langsung terhadap anak yakni kesehatan dan tumbuhkembang mereka, kegiatan BKB ini lebih pada peningkatan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam mengasuh anak. Jadi sasaran langsungnya adalah para orang tua, khususnya ibu. Jadi BKB ini memang sangat penting sekali untuk segera dibentuk…”,urai narasumber yang bermukim di Villa Buring tersebut bersemangat.

Diselingi nyanyian dan gerakan-gerakan ringan, wanita berusia 41 th itu cukup mampu menghidupkan suasana, sehingga peserta benar-benar enjoy dalam kegiatan tersebut. Lebih kurang satu jam wanita dengan satu putra itu memaparkan pentingnya BKB ini bagi orang tua.

Disesi berikutnya materi tentang administrasi BKB disampaikan secara kolaboratif oleh Dra. Irawati Syahriah dan Dra. Tri Dina Mikarini. Diawali dengan mengajak seluruh peserta untuk menyanyikan Mars BKB, Kedua PKB Madya dari BKBPM Kota Malang tersebut mensimulasikan cara pengisian KKA (Kartu Kembang Anak) kepada para peserta. Hingga sesi ini berakhir, yang juga menandai berakhirnya kegiatan ini, para peserta terlihat tetap bersemangat.

Bahkan meski sebagian peserta telah meninggalkan tempat duduknya, beberapa kader terlihat masih berkumpul dan tampak membahas sesuatu. Mungkinkah mereka terinspirasi dan langsung merencanakan kegiatan BKB. Mungkin saja!

Share

Pin It

Comments are closed.