Penutupan Praktek Profesi Ners Mahasiswa Keperawatan STIKES Maharani di Kidul Dalem

PPL Mahasiswa STIKES Maharani Malang 2015

Salah satu kelompok mahasiswa menyampaikan laporan praktek pengabdian masyarakat dalam kegiatan penutupan di Kidul Dalem (18/02/2016)

Berakhir sudah tugas 42 mahasiswa Prodi Keperawatan STIKES Maharani Malang dalam kegiatan pengabdian masyarakat Praktek Profesi Ners Perawatan Komunitas dan Keluarga di wilayah Kel. Kidul Dalem. Tergabung dalam 4 kelompok para calon perawat tersebut menyasar dua kawasan di bibir DAS Brantas yang memang rentan terhadap potensi ancaman kesehatan. Selama hampir 5 pekan dua kawasan tersebut; RW. 02 di sebelah selatan sungai dan RW. 07 di utara sungai Brantas, hiruk pikuk oleh berbagai aktivitas pembinaan kesehatan masyarakat.

Kini, hiruk pikuk dan hilir mudik muda-mudi berjas biru tua di dua kampung padat penduduk itupun tak ada lagi. Sejak Kamis (18/02/2016) kemarin mereka telah menggelar pamit pisah secara resmi di Aula Kantor Kelurahan Kidul Dalem. Dihadiri oleh Ketua STIKES Maharani Bpk. Dr. Aman Ardjito Endarso, S.KM dan para pejabat lain seperti Ka. Prodi Profesi Ners Ibu Wiwik Agustina, S.Kep. Ners M. Biomed., Ns. Feriana Ira Handian, M.Kep. mewakili Penanggungjawab mata kuliah Perawatan Komunitas dan Keluarga, serta Penanggungjawab Kegiatan Kalsum Sulaiman,S.ST.Kes, Juga ke-42 mahasiswa yang saat itu terlihat berseri-seri.

Tampak hadir pula Kepala Puskesmas Arjuno dr. A.A.I Ngurah Kunti P., PKB Madya Irawati Syahriah, Babinsa, Babinmas, Ketua RW. 02 dan RW. 07 serta tentu saja Lurah Kidul Dalem, Bpk. Dedy Tri Wahyudi S.T., S.STP., yang didampingi Kasi. Kesmasnya, Ibu Rini Herawati.

Dalam sambutannya Ketua STIKES Maharani mengungkapkan kebahagiaannya dapat bersinergi dengan Kelurahan Kidul Dalem.”Beruntung sekali mahasiswa kami dapat praktek dan mengembangkan ilmu teoritiknya di wilayah Kidul Dalem ini. Mereka dapat memotret secara realitis bagaimana kondisi kesehatan masyarakat kita dan belajar darinya”, ujar mantan direktur RSSA Malang itu di hadapan para mahasiswa dan undangan. ” Upaya tidak akan berhenti di sini, ke depan tentu dapat di follow up oleh adik-adik kelas mereka”, sambungnya lagi.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Arjuno juga menyampaikan apresiasinya atas kiprah Mahasiswa STIKES tersebut. “Urusan kesehatan masyarakat memang tidak mungkin hanya menjadi tanggungjawab Puskesmas secara sepihak. Masukan-masukan dari dunia akademis semacam ini tentu akan kami analisa untuk ditindaklanjuti sebagai sebuah solusi”, sambut pejabat asal pulau Dewata itu.

Selain meninggalkan kesan yang mendalam terhadap masyarakat masyarakat di Kidul Dalem, mahasiswa Prodi Keperawatan STIKES Maharani Malang yang melakukan Praktek Profesi Ners Perawatan Komunitas dan Keluarga pada tahun ini juga meninggalkan tali asih berupa dana pembinaan kesehatan untuk masing-masing Posyandu di dua wilayah tersebut sebesar Rp. 500.000,-. Juga satu unit kipas angin tempel untuk Aula Kantor Kelurahan Kidul Dalem.

“Semoga segala dukungan baik berupa materiil maupun nonmateriil dalam upaya menyadarkan pola hidup sehat dan meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah Kidul Dalem, senantiasa akan membawa keberkahan bagi kita semua”, harap Lurah Kidul Dalem dalam sambutannya mengakhiri acara perpisahan siang hari itu. Suasana yang cerah di musim penghujan itupun seolah turut mengamini asa orang nomor satu di Kelurahan Kidul Dalem itu. Semoga!(mazipiend|kelkidal)

Share

Pin It

Comments are closed.